Thursday, July 4, 2013

The Cincins #2

Jadi, waktu itu saya sama Hahan jalan-jalan nyamperin toko emas seantero Jogja *nggak ding*. Dan tidak lupa nyamperin Pegadaian buat liat jadwal lelang. Sapa tau ada cincin kawin punya orang yang dilelang *menurut loh*

Sebenernya sih saya ga survey ke banyak tempat. Karena kalo diperhatiin, toko emas di Jogja ini ga banyak. Mari diabsen satu-persatu toko emas yang udah saya datengin:
1. Semar Ambarrukmo Plaza
Yang tinggal di Jogja pasti tau lah toko emas satu ini. Cabangnya ada di setiap 500meter. Ngalah-ngalahin jumlah ATM Bank Mandiri *berlebihan*. Pokoknya cabangnya buanyaaaaak.. Pertama, saya mampir di cabangnya yang ada di Ambarrukmo Plaza. Tapi booo.. Orang yang ngantri mau beli emas bagaikan orang ngantri zakat. Ruameeeee... Mau liat displaynya aja ga bisa. Yasudah, gajadi. Sempet sih liat ke Pavilion alias divisi diamond-nya Semar. Tempatnya sebelahan sama Semar persis. Model cincin yang simpel, yang sekilas saya suka, harganya kisaran 8-10juta per pasang. Tapi berhubung masih survey pertama, jadi ga terlalu merhatiin detail cincinnya. Bener-bener cuma diliat sekilas doang. Yg penting tau gambaran harga dulu.

2. Semar Jl.Adisucipto
Besoknya, karena masih penasaran sama model cincinnya Semar, saya sama Hahan jalan lagi ke Semar di Jl.Adisucipto. Begitu sampe sana, boooo.. Mirip pembagian motor gratis. Ruaaameeeenya Masya Allah bener deh. Tapi begitu masuk, bagian yang rame ternyata bagian yang kadar emasnya 50%. Sementara bagian yang kadar emasnya 75% ga terlalu rame. Cuma ada 2 pasang orang yang lagi beli cincin. Tapi yang namanya toko emas ya, si pelayan cuma bakal ngelayanin satu customer. Jadi si mbak-mbaknya ga bakal ngelayanin sebelum satu customer ini selesai. So, sambil nunggu dilayanin, saya liat-liat dulu sambil ngepoin harga cincin yg dibeli orang. Modelnya muacem-muacem, emas kuning, putih, lengkap. Tapi yang eke suka cuma satu dua. Harga per pasang cincin variatif bgt. Dari hasil ngepoin pasangan sebelumnya yg asal pilih cincin (asli asal bener deh. Cuma pilih yg muat, trus dibeli -___- ), harga cincin yg mereka beli 4,9jt per pasang. Awalnya sih masih sabar nunggu yah. Kan sambil liat-liat model cincin. Tapiiii.. Kok pasangan di sebelah saya ini ga kelar-kelar sih transaksinya..? Padahal udh ngasih duit. Ternyata mbak-mbak pelayannya ini keturunan siput. Lelet beneeer. Gerakannya ga gesit. Nulis nota lama, nimbang cincin lama, ngitung duit juga lama. Dan lagi sebenernya banyak pelayan lain yang nganggur, tapi ga ada yg mau ngelayanin. Sompret. Dan saya sama Hahan itu orangnya ga telaten liat orang yang lambat. Jadi ya udah deh, ga jadi aja. Yuk cabut.

3. Goldmart Malioboro Mall
Cabut dari Semar, saya melipir ke Malioboro Mall. Pengen liat cincin di Goldmart. Dan waktu kesana, saya dilayanin sama Mbak Purwati yang ramah dan baik hati. Nyervis banget deh pokoknya. Saya nyobain hampir semua cincin kawin yg ada di situ. Hahaha.. Dan saya kepincut banget sama cincin-cincin disini! Emasnya bagus, kerjaannya rapi buanget, dan modelnya simpel2 persis kaya yang saya mau. Semua cincinnya ber diamond, dan harga sepasang rata-rata 10-12juta. Pleus, ada diskon 500ribu/cincin yang harganya 5,5jt keatas. Cincin yang saya taksir, harganya 5,6juta per cincin. Kalo beli sepasang berarti kisaran 11juta. Rasanya udah mantep banget mau cincin yang ini. Sebelum meninggalkan toko, mbak Purwati ngasih saya catetan kecil tentang biodata si cincin. Mulai dari beratnya berapa, berliannya berapa carat, code modelnya, harga, dan nomer hp mbak Purwati. Baik bener deh mbak Purwati ini. Sini, cium dulu.

Jadi, apakah pencarian saya berakhir? Tentu tidak sodarra-sodarra.. Waktu keluar dari Malioboro Mall sampe saya selesai ngurusin tempat produksi, saya masih kebayang-bayang cincin Goldmart yang indah itu. Tapi kemudian, eke galaauu..

Saya dan Hahan ini kan wiraswasta yah. Ngebangun usaha dari taun 2009, dan ngerasain bener jungkir baliknya cari uang. Walaupun saya sanggup beli, tapi saya mendadak urung buat beli cincin Goldmart yg bagus itu. Kalo dipikir-pikir, sayang juga ya uang segitu cuma buat beli cincin. Ya udah deh, kita survey lagi aja. Atau kita pesen aja model yang sama persis kaya cincin Goldmart di toko emas biasa, dan ga usah berlian-berlianan. Jadi, besok saya mau keliling lagi cari alternatif cincin di toko emas lain. Atau mungkin, beneran ke pegadaian buat cari cincin lelangan. Yuk ah..

No comments:

Post a Comment