Friday, July 5, 2013

How's Life After the Wedding ?

photo by Studio Mainmata

Kalo saya ngobrol sama temen, pasti deh.. Haammmmpiiir pasti, bakalan terjadi dialog begini:
Temen: "Kamu itu, loo.. Betah amat pacaran. Kapan nikahnya e?"
Saya : "Ya nanti. Nanti kan ada waktunya sendiri.."
Temen: "Tapi kamu tu santai ya. Padahal kan temen-temenmu banyak yang udah nikah. Aku punya temen yang bingung, dia belom nikah sementara temen-temennya udah"

Yaaa... gimana yaa.. Bukannya santai. I just want everything to be planned. Ga mau grubag-grubug, apalagi nikah cuma gara-gara liat temen udah nikah. Nehiiiii... Malahan ya, ada beberapa temen saya yang habis nikah malah jadi kaya orang bingung. Kenapa? Soalnya yang dipikirin nikahnya doang. Kehidupan setelah pernikahannya nggak dipikirin sama sekali.

Ada loh, salah satu temen saya yang berubah jadi kaya orang bingung setelah nikah. Bingung mau kerja apa, bingung mau bisnis apa. Akhirnya malah tiap hari maen PES. Malah hidupnya jadi kurang produktif gara-gara bingung. Saya jadi sering digodain sama temen-temen saya. "besok kita liat. Abis nikah kamu jadi bingung juga apa enggak.."

Kalo saya ditanya gitu, jawaban saya: Insya Allah enggak!
Saya, alhamdulillah dari umur 17 tahun udah tinggal sendiri, pisah sama orang tua. Bahkan saya udah pernah ngalamin ketemu ortu cuma kalo pas lebaran aja gara-gara papa saya pindah dinas ke Banjarmasin. Dan waktu itu saya lagi getol-getolnya nyelesein teori kuliah, dan nyelesein TA. Alhasil saya jadi jarang ke Banjarmasih buat ketemu orang tua. Dan ini bener-bener bikin saya belajar. Belajar ngatur uang, dan yang jelas belajar mandiri.

Saya, alhamdulillah 3 tahun belakangan udah nggak minta duit dari ortu. Buat hidup sehari-hari, ya pake uang hasil usaha sendiri. Uangnya pun dipake bareng-bareng sama Hahan. Kalo lagi bokek, ya bisa bokek bener. Makan seadanya, nggak pergi-pergi. Dan ini juga udah bikin saya belajar. Belajar ngatur uang bareng, dan belajar mandiri tahap lanjut. 

Jadi, saya bisa mantep bilang, Insya Allah saya ga bakalan jadi orang bingung. Dan makin kesini pun saya makin ngerasa kalau sekarang ini emang sudah waktunya saya nikah. Secara mental saya merasa bener-bener sudah siap. Secara finansial pun bisa dibilang alhamdulillah cukup, walaupun masih harus dikejar. Dan yang lebih penting lagi, karena alasan saya sama Hahan nikah bukan karena saya saling cinta, saling sayang, atau karena alasan FTV lainnya. Saya dan Hahan memutuskan menikah, karena kami yakin kalau pernikahan ini bisa bikin kehidupan kami jadi jauuuuh lebih baik.

Let's make a marriage more beautiful than our wedding, dear friends!

No comments:

Post a Comment