Saturday, July 13, 2013

Absen Seserahan

Alhamdulillah, setelah mendadak sebiji sepatu saya dijadiin barang seserahan, udah ada progress lagi. Cuma satu doang sih nambahnya, itupun karena pas saya liat ada, ya udah dibeli. *nambah satu itu progress juga, tauk!* Sedangkan lainnya saya belom mikir lagi. Masih ngarep dibeliin lensa 24-70 atau MacBook Pro. Hoks!

Baiklah, sekarang saya mau nulis masalah seserahan. Siapa disini yang orang Jawaaa..? Saya adalah Jawir tulen, so saya mau bahas-bahas dikit soal seserahan di adat Jawa. Sebenernya isinya apa aja sih? Kalo dari segi jumlah, seserahan di adat Jawa itu jumlahnya harus ganjil. Boleh 3, 5, 7, gak terbatas. Pokoknya jumlahnya ganjil. 35 juga boleeeh..

Isinya? Umumnya isinya di bawah ini. Dan ternyata di tiap-tiap barang seserahan ada maknanya looh
1. Seperangkat Alat Ibadah
Maknanya ya sudah tau laah.. 

2. Seperangkat Pakaian lengkap dari ujung kepala sampe kaki, luar dan dalam
Maknanya: Bahwa kita harus bisa menjaga rahasisa dan kesakralan pernikahan. Ngaak asal umbar-umbar masalah dan rahasia rumah tangga.

3. Perawatan tubuh
Maknanya: Supaya kita bisa menjaga penampilan

4. Make Up
Maknanya kurang lebih sama kaya perawatan tubuh.

5. Perhiasan
Maknanya supaya kita diharapkan selalu berusaha supaya tidak mengecewakan suami. Bisa tetap tersenyum cerah walaupun ada banyak masalah hidup. Dan tetap bersinar walaupun usia bertambah.

6. Makanan tradisional
Nah, makanan tradisional yang biasanya dijadiin seserahan itu kue-kue yang lengket yang berbahan dasar ketan. Katanya biar si penganten bisa lengket terus sampe akhir hayat, dan silaturahmi antar keluarga juga tetap berjalan baik.

7. Buah-buahan
Buahnya apa? Bebas! Tapi denger-denger pisang raja wajib ada. Dan buah-buah ini merupakan simbol harapan supaya si penganten dapet banyak rejeki, bisa membahagiakan orang-orang di sekitarnya.

Dan sekarang mari absen dulu barang-barang seserahan saya:
1. Seperangkat Alat Sholat
- Mukena ~ nei
- Sajadah ~ no
- Tasbih ~ not yet
- Al Qur'an ~ haven't looking for this :|

2. Pakaian Pesta / Formal
- Baju / kain ~ belom
- Sepatu ~ Pierre Cardin

3. Pakaian Non Formal
- Baju atasan ~ belom
- Bawahan ~ belom
- Sepatu ~ belum aaak
- Jam tangan ~ boro-boro

4. Pakaian Dalam
- Underwear / lingerie ~ campur. Ada Emporio Armani, H&M, dll.

5. Toiletries
- Handuk, sabun, sampo, lulur, lotion, parfum, endebre endebre belom semua. Modyaaar.. 
Pengennya nanti beli satu merek.

6. Make Up
- Pelembab, foundation, bedak tabur, bedak compact, eye shadow, blush on, eye liner, mascara, lipstick, brush set, pemutih, pembiru, apalah itu. Intinya belom kebeli semua! Toooot! 
Ini pengennya satu merek juga biar bagus nanti kalo dihias.

7. Yang berhubungan sama hobi atau kerjaan
Saya masih pengen MacBook Pro buat dijadiin seserahan. Huahahahaaha.. Minta digaplok emang. Ya udah deh, ga MacBook Pro juga gapapa. Tapiiii aku mau tiket liburan ke Scandinavia. Scandinavia mana aja deh, Norway, Sweden, atau Finland juga aku mauuuu. Ngok!

Yang poin ke tujuh cuma khayalan belaka. Jangan dimasukin hati.
Jadi, kok banyak yang belom kebeli..? Ya nabiii salaaam alaaikaaaa...
#tepuk-tepukdompet
#tepuk-tepukkartuATM
#tepuk-tepukkartukredit

No comments:

Post a Comment