Tuesday, May 20, 2014

Waktu Tau Garisnya Dua

Yakin deh, tiap orang pasti punya visualisasi sendiri soal gimana ekspresi orang-orang terdekat kita waktu kita dinyatakan positif hamil. Ada yang membayangkan bakalan drama heboh ala ala sinetron, ada yang ngebayangin nangis terharu, gendong-gendongan, peluk-pelukan, sujud syukur, endebre endebre. Pasti visualisasinya macem-macem. What about me? I have no one. Hahaha.. Ga imajinatif banget ya? Ya gimana, orang awalnya ga pengen hamil dulu. Trus yang terjadi sama saya di dunia nyata gimana? Mari saya ceritakan..

Sebelumnya saya udah cerita kalo saya sempet test pack berkali-kali gara-gara telat haid. Tes yang kesekian kalinya saya lakukan di dalem kamar mandi, dan dilakukan diem-diem tanpa sepengetahuan Hahan. Begitu garisnya dua, dan makin jelas, my expression was... Bad. Veeeery bad. Langsung jeduk-jedukin kepala ke tembok kamar mandi, trus nggelosor. Dalem hati sempet berontak, "aaargggh.. Ini sih beneran hamiil. Kenapa aku hamiiiiiiil sekaraaaang ya Allaaaaah..!" *jangan ditiru*

Daripada stress sendiri, akhirnya saya putuskan buat ngasih tahu Hahan. Kebetulan waktu itu dia lagi asik sama laptopnya di atas kasur. Saya masuk kamar, trus saya bilang kalo saya abis pake test pack. Dan si test pack pun saya lempar ke kasur. Jatoh pas, di deket kaki mas suami. Sama Hahan diambil, lalu dibuka. Dengan polosnya dia bilang, "ini artinya apa, Yang?" Dan dengan judesnya saya jawab, "ya baca aja sendiri petunjuknya..!" *jangan ditiruuuuu* Dan waktu Hahan sadar kalo garis dua itu artinya positif, dese langsung teriak: "alhamdulillaaaaaah..!! Sini.. sini.." buka tangan lebar mau meluk saya. Sayanya dateng ke pelukan dia dengan muka super dataaar..

Tapi, begitu saya lihat penampakan titik kecil di layar USG, hati saya meleleh. Naluri keibuan saya mendadak keluar. Dan tiba-tiba kaya dapet hidayah aja gitu. Saya sadar kalo ini rejeki super besar. Mungkin kemarin otak saya lagi konslet sampe sempet ga terima sama hasil test pack. Dan waktu bayi masih sebiji wijen itupun saya sempet jalan-jalan liat baju bayi, dan saya beli beberapa. Begitu sampe rumah, pas sendirian di kamar, si baju dipeluk-peluk, dicium-cium. Pengen nangis. Dalem hati bilang, "Ya Allah, makasih.. Makasiiiih banget. Saya sayang kok sama calon bayi saya ini. Sungguh! Insya Allah saya siap dan saya sanggup jaga amanah super besar ini. Minta tolong semua disehatkan dan dilancarkan sampai nanti bayi saya lahir, ya Allah.." Lalu air mata jatuh beberapa tetes.

Nggak lama para kabar kehamilan saya pun sampe ke para orang tua. Dan sambutan mereka kurang lebih sama hebohnya kaya sambutan suami. Jangankan orang tua, dr.Intan yang pertama kali lihat penampakan bayi saya aja sempet heboh dan mukanya berseri-seri, "coba lihat itu lihat, Mbak! Janinnya udah kelihatan tuu..! Alhamdulillaah.. Ya Allah.. Seneng yaa... Tuh, jantungnya berdenyut. Kelihatan nggak?" Suster yang mendampingi dr.Intan pun ikutan amazed sampe bilang "seneng ya, Mbak.. Mau punya bayi.." Pulangnya si print-printan USG saya foto dan saya posting di Instagram. Ternyata sambutan temen-temen di Instagram pun ikut heboh. Semua seneng, dan ngucapin selamat. Duh, Ya Allah.. Ternyata semua orang seneng, antusias, dan semua orang sayang sama bayi saya ini. Saya jadi merasa dapet support penuh, saya jadi semangat, dan saya makin sayang sayang sayang sayang sayang, sayang nggak abis-abis sama anak kicik di dalem rahim. Dalem hati bilang, "maafin sikap saya kemarin-kemarin, ya Allaah.." Trus nangis lagi beberapa tetes.

Dan yang lebih hebatnya lagi, calon bayi saya ini samaaaa sekali nggak pernah bikin repot ibunya. Saya nggak kenal yang namanya mual muntah, saya nggak kenal yang namanya susah makan, lemes, pucat, atau nggak bisa ngapa-ngapain. Semua saya jalanin seperti biasa. Saya dan bayi kecil ini bisa bekerja sama dengan baik. Main cinta ibu sama kamu, Nak.. Anak pinter, anak hebat..

Intermezzo sedikit yaa..
Percaya nggak kalau kehamilan dan kelahiran itu misteri? Saya percaya. Dan saya pun percaya sama satu teori kalau semua bayi itu pintar. Mereka udah milih jalannya sendiri yang mereka tau itu baik untuk mereka. Dan teori itu udah terjadi sama saya bahkan sejak si bayi belum kelihatan. Bayi saya udah milih jalannya sendiri dengan menggiring saya ketemu dr.Adi.

Coba deh, saya udah datengin hampir semua RS yang ada di Jogja. Dan saya nggak sreg sama sekali sama pilihan Obgynnya. Sampe akhirnya saya lihat ada jadwal dr.Irfan (dokter incaran saya) lagi praktek di JIH. Dan di jam yang sama ada dr.Adi juga. Tapi awalnya saya emang kepengennya periksa ke dr.Irfan. Dan ternyata, sampe JIH dr.Irfan nggak praktek, dan beralihlah saya ke dr.Adi. Dan saya jatuh cinta pada pandangan pertama sama dr.Adi ini. He's just perfect as an Obgyn. Dan pulang periksa, saya langsung Googling. Saya cari informasi apapun terkait dr.Adi, dan saya makin jatuh cinta. Karena ketemu beliaulah saya kenal apa itu Hypnobirthing. Karena ketemu beliaulah saya kenal apa itu Gentle Birth. Karena ketemu beliaulah saya tau apa itu Delay Clamping Cord. Karena ketemu beliaulah saya tau yang namanya prenatal Yoga, dan bisa ketemu the famous Bu Bidan Yesie. Yang jelas, karena ketemu beliaulah saya yakin saya bisa melalui semua proses kehamilan dengan super nyaman, bahagia, dan saya pun yakin nantinya saya bisa melalui proses melahirkan yang lancar, tanpa banyak drama, dan saya yakin saya bisa melahirkan dengan santai dan sambil tersenyum. Sampai detik ini, walaupun saya dihujani cerita-cerita serem soal proses persalinan, dengan bangga saya bilang, kalo saya nggak takut. Saya yakin saya bisa.

Anyway, hari ini usia kehamilan saya tepat 19 minggu. Di kondisi saya sekarang, dimana perut mulai membesar, dan pinggang mulai agak sering pegel, saya bisa bilang kalau sekarang saya merasa bangga. Saya seneng banget bawa-bawa bayi pinter di dalem perut, dan saya seneng banget mamerin perut gendut saya ini kalau lagi di luar. Saya juga seneng kalo ada orang yang tanya-tanya soal kehamilan saya ini. I am totally a super happy mom-to-be. Kalo inget-inget dulu waktu saya susah nerima kehamilan saya ini, saya jadi ngerasa super bodoh.

Sehat terus ya anakku.. Kesayangan Ibu..
Jadikan rahim ibu ini tempat kamu untuk tumbuh sehat dan sempurna. Ibu selalu menunggu-nunggu saatnya nanti kamu lahir, dan kita saling melempar tatapan penuh cinta untuk yang pertama kali.
I love you to the moon and back, little baby! :*

No comments:

Post a Comment