Friday, May 16, 2014

Stop Mengeluh!

Jadi, suatu hari dokter saya memposting gambar ini di Facebook, lengkap dengan caption menyindir dan menyayat hati. Emang siapa yang kesindir dan tersayat hatinya? Baca dulu aja captionnya yes..


"Jadi, kalau ada ibu yg melahirkan 69 anak saja sanggup, mengapa dalam proses utk kelahiran anak 1, 2, atau 3 masih saja mengeluh? Ayo bumil, persiapkan diri dengan baik, berdayakan diri utk kelahiran si buah hati!"
- dr. M. Nurhadi Rahman, Sp.OG -

Duh, yaampun.. Walaupun sejauh ini kehamilan saya itu enak-enak aja, tapi saya kadang masih suka ngeluh. Masalahnya keluhan saya itu sepele banget. Misalnya, lagi ngaji tiba-tiba sesak napas sampe bacaannya amburadul. Kelamaan jalan, kaki pegel trus agak bengkak. Mau sikat gigi, tiba-tiba hoek dikit. Cepet ngantuk kalo siang, susah tidur kalo malem. Pinggang dan tulang kemaluan suka ngilu. Tiba-tiba pusing berujung migrain super berat.

Loh, katanya hamilnya enak? Enak kook.. Itu cuma keluhan-keluhan kecil. Diatasi sendiri bisa. Kalo saya sesak napas pas ngaji, ya saya istirahat dulu. Tegakin badan kaya di kelas yoga, bernafas teratur, trus minum. Begitu udah enakan, lanjut ngaji lagi. Kalo saya merasa capek gara-gara kelamaan berdiri atau jalan, ya tinggal duduk. Kalo bisa tiduran, ya tiduran  sambil kaki diangkat sebentar.Ilang deh capek sama bengkaknya. Kalo pas mau sikat gigi tiba-tiba hoek, ya cuekin aja. Namapun masukin benda asing ke mulut. Kan kadang reflek hoek. Kalo siang ngantuk, ya tidur sebentar. Malem ga bisa tidur, ya dipake buat baca-baca. Kalo pinggang sama tulang kemaluan suka ngilu, ya saya cuekin aja. Namanya juga lagi hamil. Badan lagi berubah semua. Kalo saya tiba-tiba pusing, biasanya saya pake tidur. (No obat! Saya ini manusia RUM sejak dulu. Hihi..) Bangun tidur ilang pusingnyaa. 

Tapi tapi.. Waktu saya baca postingan dr.Adi di atas, lumayan kesindir. Dalem hati bertekad ga akan ngeluh! Walaupun selama ini saya ngeluhnya cuma ke diri sendiri alias ngomel-ngomel nggak jelas. Boro-boro umbar keluhan di social media, ya. Ngeluh ke suamipun jarang. Pokonya sejak diri ini tersindir, saya berniat mau menikmati apapun yang terjadi selama hamil. Merdekaaa!!

Jujur ni, saya itu suka empet liat orang yang kebanyakan ngeluh di social media. Jadi tu saya hamilnya hampir barengan sama beberapa temen (ada 7 orang yang barengan). Dan di antara mereka, ada 3 orang temen, yang cocok ditambahin 'tukang ngeluh' di tengah-tengah namanya. Yang satu doyan umbar kesengsaraan di Facebook, yang satu lagi di Path, yang satu lagi diumbar di Facebook dan Path sekaligus. Dan kesengsaraan mereka ini biasanya diumbar sebanyak 2-4 kali sehari, dan hampir setiap hari. *tampar* Keluhannya klise: mual, muntah, susah makan, susah mandi, dan dijabarkan dalam sebuah status yang kadang sepanjang 1 paragraf. Omaygaad..

Sebenernya ga masalah sih mau ngeluh di SocMed. Mungkin pengennya sharing, cari support, atau cari perhatian dari temen-temennya. Tapi, akan lebih baik kalau misalnya mau ngeluh, bahasanya diperhalus jadi begini, 
"Makanannya kok dimuntahin sih, Nak. Gapapa deh.. Habis ini kita coba makan lagi. Nanti dimakan ya, Nak. Biar kamu sehat.." 
Sounds better kan, daripada begini,
"Makanan sarapan bubar, makan siang bubar. Makan malemnya gimanaaa..?! Mandipun jadi males gara-gara mual seharian *emoticon sengsara*"  
Tapi plis plis teman-temanku, sahabat-sahabatku yang lagi hamil. Kita ini sebagai orang yang dapet rejeki dan anugerah besar (baca: calon anak), harusnya bisa lebih bersyukur dan menikmati keadaan. Percaya deh, masih leeeeebih baaaanyaaak hal-hal menyenangkan tentang kehamilan yang bisa diumbar. Dan buat saya pribadi, akan lebih menyenangkan baca cerita-cerita seneng atau lucu daripada cerita sengsara. Stop mengeluh, ya teman-temanku sayang. Mulailah menyebarkan cerita dan energi positif ke semua orang. Kita ini lagi hamil, lho! Bukan lagi sakit. ;)

Just love and enjoy your pregnancy. ^^

No comments:

Post a Comment