Monday, May 5, 2014

Hamil Sejauh Ini Part 2

Deuuh.. Postingannya soal pregnancy melulu ye.. Ini wedding blog apa emak-emak blog sih sebenernya? :p Gapapa dong yaa.. Namanya nikah itu kan salah satu tujuannya buat membentuk keluarga. Lha abis nikah trus hamil kan wajar. Daripada habis nikah yang diceritain soal lomba catur? Kan ga nyambung..

Okay.. Saya mau cerita lagi soal perbelendungan perut yess.. Masuk trimester kedua, yang terjadi pada saya adalah hal-hal di bawah ini:

1. Selama hamil saya jadi males makan makanan yang terlalu manis. Segala biskuit, wafer, apalah itu yang manis, No. Es Cendol? No. Martabak manis? Masih doyan, tapi nggak segila dulu. Eskrim? Neyy! Eskrim yang seger rasa buah-buah macem Wall's Buavita gitu masih mau. Tapi kalo eskrim yang bersusu ogaah. Coklat? Blaaah.. Padahal dulu maniak banget sama coklat. Pernah suatu hari tergiur coklat pas lagi ngantri di kasir Superindo. Saya beli doong. Sampe di rumah, baru makan sepotong udah ditaro. Eneg!

2. Foods that my baby loves: meat & fruits! Jadi tu saya kalo makan segala jenis olahan daging, bisa semangat perjuangan '45 banget deh. Tapi disuruh makan sayur, agak males. Walaupun saya males makan sayur, saya makan segala macem buah. Apel, duku, pepaya, semangka, jeruk, melon, kedondong, pisang. Semua! Pokoknya kalo udah disodorin daging sama buah, saya makannya jadi kaya orang gila.

3. Alhamdulillah banget sejauh ini nggak mengalami keputihan samaaaa sekali. Bener-bener bersih! Sebelum hamil malah kadang suka keputihan. Aneh ya? Haha.. Padahal saya baca disana-sini, keputihan itu udah common problem banget buat ibu hamil. Saya pun udah mempersiapkan diri dan amunisi panty liners. Ehh, ternyata malah bersih. Senang!

4. Super duper keranjingan yoga! Karena saya ini terobsesi sekali sama proses melahirkan normal yang tenang, saya jadi bener-bener memberdayakan diri buat menuju kesana. Salah satunya ya dengan yoga ini. Pokoknya nggak pengen melewatkan satu kelas pun! Saya ngerasain banget nikmatnya olahraga satu ini. Terutama dari segi emosi ya. Bener-bener lebih tenang, dan badan rasanya lebih fit.

5. Almost not gaining any weight. Ajaib kan? Temen saya yang hamil 5 bulan aja naiknya udah 9kg. Jadi begini, sebelum hamil berat badan saya 73kg (iya gedee.. Saya itu berat di tulang karena saya tinggi. *ngeles*). Masuk usia kehamilan 8 minggu, turun 2 kilo. Trus seminggu kemudian turun lagi sekilo. Jadi 70kg deh. Trus terakhir kontrol awal bulan April, naik 2kg. Dua minggu kemudian berat saya yang 2kg itu hilang. Sampee sekarang mandek di 69-70kg. Alhamdulillah bayinya bagus kok. Berat dan panjangnya selalu nambah sesuai usia kehamilan. Dan beda sama orang tua, bude, tante, atau bahkan tetangga yang pada protes waktu tau berat saya nggak naik sampe disuruh makan banyak, dokter saya malah berpendapat sebaliknya. Menurut beliau turunnya berat badan saya ini bukan masalah besar. Yang penting kan bayinya. Malah bagus katanya. Saya jadi nggak terlalu gemuk, dan nggak nimbun lemak. Belakangan saya tau kalo penambahan berat badan yang nggak terkontrol selama kehamilan malah bisa menimbulkan banyak masalah dan penyakit. Saya sendiri punya target. Pengennya kenaikan berat badan saya selama hamil nggak lebih dari 11kg.

6. Birth plan saya sudah tersusun super rapiiii. Saya kelompokkan per bagian mulai suasana, pendamping, intervensi medis, saat kontraksi, saat persalinan, saat bayi lahir, sampe perawatan. Super komplit. Tinggal saya setor ke dr.Adi kalo udah deket waktu melahirkan. Temen-temen yoga pada bilang saya kecentilan. Hahahaha.. Abisnya hamil masih seuprit udah bikin birth plan.

7. Mulai gampang kegerahan. Saking ngerasa gerahnya, kalo di rumah jadi males pake bra. Sumpek!

8. Orang-orang sekitar terutama sodara-sodara pada ngeramal dan yakin banget anak saya ini bakalan perempuan.

9. Perut mulai sering dipegang dielus-elus orang. Bzzzztttt..

10. Kata orang-orang perut saya ini gedee. Waktu pengajian di Sidoarjo, ibu-ibu disana sampe ada yang bilang, "jangan berat-berat lo bayinyaa.." Saya jawab kalo anak saya ini ga berat. Tapi panjaang. Hahan pun sering heran liat perut saya. Kadang suka nyeletuk, "si adek (bayi) ini gede banget yaaa"

11. Jadi males main ke luar. Keinginan buat jalan-jalan ada sih. Tapi begitu diajakin, biasanya malah males. Pokoknya kalo lagi nggak butuh cari sesuatu, saya lebih milih di rumah aja. Leyeh-leyeh, nonton TV.

Yah begitulah.. Alhamdulillah masih banyak enak dan senengnya.
Anyway, hari Kamis tanggal 8 Mei besok, which is pas ulang tahun saya yang ke-26 *penting*, saya bakalan berkunjung ke JIH buat kontrol. Kenapa tanggal 8? Apa dipas-pasin pas ulang tahun biar dapet diskon? *ngarep* Hahahaha.. Enggak juga sih.. Kebetulan vitamin saya bakalan habis di hari Minggu. Dan Jum'atnya saya harus ke Semarang buat pengajian 4 bulanan. Jadi waktu yang pas ya Kamis itu. Nggak sabar rasanya mau nengok si bayiii.. ;)

No comments:

Post a Comment