Thursday, July 10, 2014

Daftar Belanja Keperluan Bayi

Yuhuuu...
Mau share soal daftar belanja kebutuhan bayi dan ibunya juga pastinya.. :p Awalnya sih saya ga pernah berniat bikin daftar begini. Jadi cuma dikira-kira aja butuhnya apa. Tapi.. percayalah. Belanja barang bayi tanpa daftar itu bahaya. Bisa bubar bener-bener bubar deh. Tau sendiri kan, barang bayi itu lucunya terlalu. Tiap main ke baby shop, rasanya semua pengen dibeli. Dan kalo nggak ada daftarnya, malah bikin bingung. Jadilah saya mulai bikin list sepanjang 2 kertas HVS A4. Bok.. banyak aja ternyata butuhnya.. 

Naah.. Daftar belanja ini saya kutip dari berbagai sumber dan udah saya modifikasi sesuai kebutuhan saya. Kaya baju-baju, saya sengaja nggak beli singlet atau baju tanpa lengan. Saya ga suka soalnya liat bayi keteknya kemana-mana. Hahaha.. Soal jumlah pun sengaja nggak beli baju banyak-banyak. Kalo kebanyakan, takut malah nggak kepake. Saya juga ga beli gurita karena saya termasuk penganut anti gurita. Waktu saya bayipun saya ga dipakein gurita. Kata papa saya bikin paru-paru jadi tertekan, trus jadi sesak nafas.

Oke deh.. Langsung aja ke daftarnya yess..


click to enlarge

Yang butuh PDFnya bisa didownload disini.

Sebenernya daftar belanja ini sifatnya personal ya. Bener-bener harus disesuaikan sama kebutuhan, pertimbangan, dan planning masing-masing. Kaya saya yang masih galau soal pemakaian box bayi. Akhirnya box saya masukin ke kebutuhan optional alias dipikir-pikir dulu lebih lanjut sambil liat situasi. Dan juga soal rencana saya yang Insya Allah full ASI (aamiin yang kenceng!) dan ngasih ASI langsung dari pabriknya, maka si botol susu pun saya masukin dulu ke kebutuhan optional. Yang lain kaya stroller, bouncer, juga gitu. Saya punya beberapa pertimbangan khusus kenapa masukin barang-barang itu ke kebutuhan optional. Soal jumlah barang juga gitu. Saya sengaja beli sepatu cuma 2 biji dulu. Soalnya kan sepatu yang lucu-lucu itu biasanya baru bisa dipake umur 2 bulan ke atas. Kalo newborn cukup dikasih kaos kaki dulu. Sepatunya nanti beli lagi kalo udah agak gedean. Jadi, silahkan disesuaikan sesuai kondisi yaah....

Nah, dari daftar sepanjang itu, yang udah kebeli sama saya nggak ada separonya. :| Ya gimana, kalo mau lebaran gini kan suami eke pusing. Soalnya harus nyiapin THR plus parcel buat karyawan-karyawan. Jadi dompetnya rada tipis. Hahaha.. Tapi Hahan janji mau mulai ngelengkapin keperluan habis lebaran nanti. Okedeh..

Nah, ini dia barang-barang yang udah saya beli. Kebanyakan sih baju ya.. Perlak juga udah beli, tapi belum kefoto. Oya, maapkeun kualitas gambarnya yang kurang memadai. Motretnya pake kamera HP doang, dan waktu itu pas super mendung. Dasarnya pencahayaan di kamar saya ga terlalu terang. Jadi ya, burem-burem dikit. :p Oya, nanti saya juga akan kasih alamat tokonya di bawah yess..

1. Sleepsuit, bodysuit.


Udah dibeli sejak awal divonis hamil. :p. Nah, baju-baju yang saya jembrengin itu saya beli di Kosmo Factory Outlet, dan yang masih dibungkus itu saya beli di Tip Top Semarang. Waktu saya beli satu set bodysuit di Semarang itu saya diprotes sama papa saya. Katanya kalo mau beli tu ajak-ajak. Soalnya papa saya pengen bayarin. Hahaha.. Oke bos! Besok aku ajak kalo pas belanja breast pump, botol susu, ember, dan yang mahal-mahal aja ya! *ogah rugi* :p

2. Kain bedong


Dibeli awal-awal hamil juga. Mana tahan liat corak bedong lucu begini. Btw, ini masih kurang. Saya ada rencana mau beli 2 atau 3 lembar kain bedong lagi. Saya beli kain-kain bedong itu mix. Ada yang di Wijaya Sagan, Kin Kin, sama Vinolia Baby Shop.

3. Baju-baju. Lengan panjang, lengan pendek, kaos, dan sarung tangan-kaki


Warnanya bosen banget ya.. Hahaha.. Muter-muter di putih, krem ijo, biru muda. Dibilangin jenis kelamin anak saya masih rancu. Bikin ga yakin mau belanja yang spesifik. Baju-baju ini juga belinya di tempat beda-beda. Ada yang di Kiddo dan di Vinolia Baby Shop. Inipun belum komplit barangnya. 

4. Celana. Celana panjang tutup, celana panjang biasa, celana pendek


Belum komplit juga. Nanti habis lebaran atau sebulan sebelum melahirkan dikomplitin lagi. Berharap jenis kelaminnya udah jelas. :D Saya belinya juga di beberapa tempat. Di Kiddo, Vinolia, dan Nagatomi, Semarang.

5. Sepatu & Kaos Kaki


Salah satu barang favorit saya. Lucuuuu.. Kaos kaki yang coklat saya beli di Tip Top Semarang. Kalo sepatu sama kaos kaki yang putih itu saya beli di Baby World. Disana itu ampun banget lah. Sepatunya pengen diborong. Lucu-lucu semuaaa..! Baby World itu bakalan jadi salah satu toko tujuan saya kalo mau cari sepatu bayi. 

6. Selimut & Selimut Bertudung


Beli ini nggak sengaja. Awalnya cuma mau mampir ke ATM. Eh, sebelahnya ada baby shop. Ya mampir. lalu nggak kuat liat selimut bayi bertebaran disana. Kebelilah dua biji ini. Lucu yaaaa... Belinya di Wijaya Baby Shop Kusumanegara.

Yah, begitulah.. Ini aja belom separonya bok.. Masih buanyaaaak dan puanjaaaang daftarnya. Semoga Ayah & Ibu selalu dikasih rejeki yang berkah dan halal buat memenuhi kebutuhan kamu ya naak.. Aamiin..

Oya, ini daftar alamat baby shop tempat saya beli barang-barang di atas. Kebanyakan di Jogja, dan ada 2 di Semarang..
  • Kosmo Factory Outlet - Jl. Magelang, Yogyakarta
  • Wijaya Baby Shop Sagan - Jl. Prof. Dr. Yohanes 54A, Yogyakarta
  • Wijaya Baby Shop Kusumanegara - Jl. Kusumanegara, Yogyakarta
  • Kin Kin Baby Shop - Jl. P. Diponegoro 60, Yogyakarta
  • Kiddo Baby Shop - Jl. Poncowinatan 83, Yogyakarta
  • Vinolia Baby Shop - Jl. Urip Sumoharjo 37C, Yogyakarta
  • Baby World - Jl. Suryopranoto 7, Yogyakarta
  • Nagatomi Baby & Toys - Jl. Pandanaran 114, Semarang
  • Tip Top Baby Shop - Area Pasar Johar, Semarang 

2 comments:

  1. Kalau di pasar johar sebelah mana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku waktu itu belinya nggak di dalam pasar joharnya. Tapi di deretan toko2 yang biasa dijadiin parkiran mobil. Yang di deketnya Miramar. Disitu ada banyak toko perlengkapan bayi. Ada satu yang murah banget. Tapi agak lupa namanya. Sumber Rejeki atau apa g itu ya. Pokoknya yang ada Rejeki-nya nama tokonya :D

      Delete