Saturday, October 18, 2014

TTC

Ceritanya abis baca tulisannya Banana soal Trying To Conceive alias berusaha bikin anak. Nah, berhubung saya juga sedang mengusahakan hal yang sama, jadi saya pengen cerita juga ah.. 

Okei, semenjak kehilangan Embun, me & husband are like... Obsessed? Iya kayaknya. Kita berdua terobsesi banget buat segera bisa punya anak lagi. Apapun dilakukan deh.. Mulai dari hidup sehat, masak makanan sendiri yang notabene non MSG, yang penyedapnya cuma gula-garem doang, rajin makan sayur & buah, sampe mengkonsumsi beberapa vitamin pendukung. Salah satunya yang paling penting adalah vitamin K alias Kelonan. *krik* *hening saking jayusnya*

Okedeh.. Langsung aja yes. Ini dia yang saya lakukan demi suksesnya si TTC

1. Mengkonsumsi Vitamin Asam Folat


Ini udah disarankan sama obgynku tercinta, dr.Adi, pas beliau jenguk saya di RS sehari setelah saya melahirkan Embun. Asam folat yang saya konsumsi sejauh ini ada 3 macem. Pertama Folamil Genio peninggalan jaman hamil yang masih sisa 14 butir. Diminum sehari 1 kali. Kedua, begitu Folamil Genio habis, saya beli 3 strip Folavit 1000. Diminum sekali sehari juga. Begitu Folavit habis, saya minum Ovacare. Ovacare ini kandungan asal folatnya cuma 400 mikrogram. Jadi minumnya 2 kali sehari. Ovacare inipun sisa jaman dulu saya konsultasi ke obgyn di Sidoarjo. Sampe sekarang masih minum Ovacare. Masih ada 12 tablet lagi. Kalo habis, saya bakalan balik lagi ke Folavit 1000. Oya, Ovacare ini ada pasangannya buat bapak suami. Namanya Oligocare. Berhubung dulu juga dikasih Oligocare, jadi Hahan juga saya suruh minum lagi. Daripada ga diminum. Kan sayang udah beli mahal-mahal..

2. Mengkonsumsi Vitamin E
Katanya kalo lagi program hamil, vitamin E ini juga wajib. Ampuh membunuh radikal bebas. Pertama saya minum Ever E. Begitu habis, saya beralih ke Seloxy. Minumnya cukup satu kali sehari.

3. Mengkonsumsi Tambahan Kalsium
Saya minum Cal-95 satu kali sehari. Ini juga peninggalan jaman hamil dulu. Masih sisa lumayan banyak karena sering kelupaan minum ini.



4. Memantau Masa Ovulasi
Tiap pagj ngukur suhu basal tubuh pake thermometer digital, dan dicatet. Begitu ada kenaikan suhu sedikit, berarti si telur mateng. Selain itu, masa subur juga saya pantau pake Ovutest. (Tuh kan, eke niat banget sampe beli ovutest). Begitu subur, langsung hajar bleh!


5. Nyimpen Stock Test Pack
Errr.. Ini agak nggak penting sih. Tapi buat saya ini jadi semacam motivasi diri. Jadi saya nyimpen 3 biji test pack di lemari dengan merk yang beda-beda. (Udah keliatan kan, kalo terobsesi banget)

6. Stay Happy, Menghindari Stress dan Capek
Ini yang paling penting kayaknya. Jaga kondisi tubuh dan pikiran. Hahan nggak pernah ngebolehin saya beraktivitas terlalu berat. Angkat-angkat barang terlalu berat ga boleh, naik motor jauh-jauh ga boleh, terlalu mikir kerjaan juga ga boleh. Pokoknya mood harus dijaga supaya santai dan happy terus. Saya malah sempet kepikiran buat beli CD relaksasi Hypnofertility-nya Bu Yesie Aprillia

Yah.. Begitulah kisah suami-istri yang sedang berjuang supaya bisa segera punya anak. Kalo terlihat berlebihan harap dimaklumi yes.. Namanya juga usaha kan.. Wajib berusaha sekeras dan semampu mungkin.

Akhir kata, saya memohon doa dari teman-teman semua. Semoga usaha kami bisa segera membuahkan hasil. Ganbatte! 

4 comments:

  1. DIaa..wahh aku kurang vitamin K nih hihihi....piye ikiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaaah.. Padahal itu lebih penting daripada asam folat. Hahaha..

      Delete
  2. Waah, mba Dia.. makasih banyak infonya. Aku juga lagi berharap segera dapat momongan. Semoga berhasil yaa mba TTC nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gud luck Dinaaa..
      Semoga kamu berhasil juga yaah.. ;)

      Delete