Friday, October 10, 2014

Istri Sebenar-benarnya Istri

Kehidupan rumah tangga saya itu sebenernya bisa dibilang payah. Banget. Kenapa bisa begitu?

1. I'm not a morning person. Subuh sih bangun. Tapi abis sholat tidur lagi, dan baru bangun lagi jam 8. Dan lagi saya ini paling bingung kalo disuruh bikin sarapan. Seringnya makan pagi baru terhidang jam 9 atau jam 10. Lebih sering lagi nyerah ga bikin sarapan, trus cari sarapan diluar.

2. Dialog tiap habis makan masakan rumah,
Hahan: "alhamdulillah.. Enak banget masakannya.."
Me: "ya iyalaah.. Aku yang masak. Jelas enak.."
Hahan: "iya, enak. Tapi sayang jarang masak.."

Simpulkan sendiri ya.

3. Urusan keuangan? Jangan ditanya. Berantakan. Jadi begini, saya sama Hahan punya 4 rekening. 2 buat sirkulasi keuangan usaha, 1 buat keuangan sehari-hari, 1 buat tabungan. Semua kartu ATM, semua masalah perduitan, Hahan yang pegang dan urus. Kebetulan saya ini orangnya males bawa-bawa uang cash. Kartu ATM juga males bawa. Jeleknya saya, saya juga ga pernah ngingetin Hahan soal kewajiban dan kebutuhan keuangan rumah tangga. Dan lemahnya kerjasama suami-istri dalam hal keuangan ini, berdampak ke banyak hal seperti: lupa bayar listrik (sampe pernah disegel), lupa bayar iuran perumahan, lupa nyisihin uang buat nabung, lupa nyisihin uang buat agenda tahunan (buat kurban misalnya), dan lain-lain, dan lain-lain.

Kekacauan di atas bukan tanpa alasan sih. Saya sama Hahan terlalu sibuk kerja. We're running our own businesses. Kadang ribetnya sampe seharian, dan kami berdua baru bisa ngobrol santai berdua sebelum tidur. Itupun cuma ngobrol 15 menit, dan kemudian zzzzzzz... Dua-duanya tiba-tiba ilang ketiduran. Tapi tetep aja, kondisi di atas itu nggak sehat.

Sampai akhirnya suatu hari saya stay 3 hari di Semarang, dan Hahan tetep di Jogja ngurus kerjaan. Terpisah 3 hari dari suami bikin saya semacam dapet hidayah. Waktu itu ngerasa kangeeeeen banget sama Hahan. Dan tiba-tiba saya ngerasa kalo selama ini saya kurang 'merawat' suami. Waktu itu rasanya pengen cepet-cepet pulang ke Jogja dan mentransformasi diri jadi istri yang bener.

Begitu pulang, saya berbenah diri walaupun bertahap. Soal keuangan, saya bikin rekening baru khusus buat sirkulasi uang rumah tangga. Saya belajar bangun lebih pagi buat siapin sarapan. Tiap hari masak buat makan siang & makan malam. Dan saya berusaha jaga rumah supaya rapi. Jadi saya makin rajin beres-beres rumah. Dan semua itu begitu rutin dilakukan, ternyata menyenangkan. Terutama soal masak dan beres-beres. Saya malah ketagihan. Hahaha..

Dan semalam sebelum tidur..
Hahan: "duh, Ibu hebat deh sekarang. Tiap hari masak, beres-beres, tapi masih bisa bantuin kerja juga."
Saya: *nyengir*
Hahan: "sekarang kerasa deh kalo kita udah nikah.."
Saya: *ketawa ngakak* "iya ya.. Setahun kemarin nikahnya kaya mainan.."
Hahan: "iya.. Ga ada bedanya sama pacaran. Kamu jadi istri sak enak'e dewe. Aku nggak dirawat. (:p) Kita dulu kelamaan kali ya pacarannya.."

Bahahahak.. Parah banget ya eke jadi estri selama setahun kemarin. Tapi saya udah janji sama diri sendiri. Mau mulai jadi istri yang sebenar-benarnya istri. Lebih baik dan lebih baik. :)

2 comments:

  1. Diaa...aku bolak balik mbaca ini,,,mau komen kok ada ajaa halangannya *napa jadi curhat*
    Alhamdulillah..berkesempatan mengurus suami...karena aku kan masi subcont..ke mertua..hihih *sungkem*
    Ayoo cerita-cerita lagi biar nyiapin mental si aku yang cemen inihhh

    ReplyDelete
  2. Wahahaha..
    Iya alhamdulillah bisa ngurus walaupan kadang ngurusnya asal-asalan. Hahaha.. Sampe kayaknya kucing-kucingku jauh lebih keurus daripada suami sendiri. *dikepret whiskhas*

    ReplyDelete