Sunday, September 7, 2014

Hadiah Yang Menyejukkan Hati

Sekarang mau cerita proses 'kelahiran' anak saya. Dan harus siap-siap sama cerita yang lumayan panjang..

Walau sudah dinyatakan meninggal hari Senin (25/8), proses 'melahirkan' bayi saya terpaksa ditunda sampai paling enggak Sabtu (30/8). Karena Senin malam itu dr.Adi mau berangkat kongres ke Bali, dan saya nggak mau dipegang dokter lain. Planning awal adalah melahirkan dengan induksi. Karena untuk kasus janin meninggal di dalam kandungan, kalo mau ditunggu lahir secara alami, butuh waktu sekitar 2-3 minggu. Saya nggak mau nunggu selama itu. Kasian anak saya. Oya, dr.Adi sempet bawain saya obat buat merangsang kontraksi, dan harus diminum mulai Jum'at. Sempet juga pas hari Selasa (26/8) diajak ketemuan sama Bu Yesie di studio yoga. Ngobrol-ngobrol buanyak, dikasih support, dan Bu Yesie bawain saya vitamin plus 5 batang terapi moxa.

Sejak itu saya kontak lumayan intens sama dr.Adi buat sekedar update kondisi saya. Bu Yesie malah hampir tiap pagi nge whatsapp saya buat kasih semangat. Yap.. Saya bersiap diri. Semangat saya mulai timbul. Saya yakin saya bisa melewati ini semua, bisa ikhlas, dan saya yakin bayi saya, walaupun sudah meninggal, tapi spiritnya masih ada di dekat saya. Dan saya yakin bayi saya masih mau bantu saya.

Kamis (28/8), saya mulai minum vitamin dari Bu Yesie, mulai terapi moxa, mulai relaksasi, mulai dengerin CD Hypnobirthingnya Bu Yesie (yang untuk melahirkan nyaman), dan saya juga mulai mensugesti diri. Gitu juga di hari Jum'at (29/8). Pokoknya selama dua hari itu saya fokus mempersiapkan diri buat 'melahirkan' bayi saya hari Sabtunya. Tapi saya nggak berani minum obat yang dikasih dr.Adi. Saya takut kebablasan kontraksi, trus malah bubar semua. 

Sabtu dini hari sekitar jam 2, saya kebangun seperti biasa. Tapi kali ini saya mulai ngerasa mules. Mulesnya mirip banget sama mules kalo kita haid. Cuma rasanya perut lebih ditekan sedikit. Saya mulai hitung pakai contraction timer di HP. Masih berantakan intervalnya. Bisa 15, 20, atau 32 menit. Saya lanjut tidur lagi.

Subuhnya saya kebangun. Masih ngerasa mules dikit-dikit. Beres sholat subuh, saya turun ke bawah buat bikin oralit. Diare saya udah super parah sampe urat-urat di tangan saya nyaris hilang. Yep.. Saya nyaris dehidrasi. Dan waktu itu saya sempet kebablasan tidur di kursi tamu sampe sekitar jam 7. Itupun kebangun gara-gara kepala saya dielus-elus trus dicium sama papa saya. Mulesnya? Tetep ada. Tapi ya masih gitu-gitu aja. Saya cuekin..

Jam 8.30 saya keluar sarapan sama suami & adek-adek ipar. Selama sarapan itu mulesnya makin intens. Makin kuat, dan intervalnya makin deket. Sekitar 5-7 menit. Tapi saya masih santai. Masih makan enak, dan masih bisa ngobrol santai sambil ketawa-ketawa.

Sampai di rumah sekitar jam 10 pagi. Saya rebahan di tempat tidur, dan Hahan siap-siapin tas buat ke RS. Memang udah direncanakan, Sabtu pagi mulai masuk RS buat di observasi, buat menjalankan planning induksi, sambil nunggu dr.Adi pulang dari kongres. Sebelumnya udah telpon-telponan juga sama dr.Adi. Habis maghrib diperkirakan beliau udah mendarat di Jogja.

Tepat jam 11 saya masuk UGD JIH. Di periksa awal, sempet EKG juga, dan ambil darah buat cek lab. Waktu di UGD itu mulesnya makin menjadi. Tapi masih bisa ngomong, masih bisa jawab pertanyaan. Kira-kira setengah jam di UGD, saya langsung dipindah ke kamar rawat inap.

Harusnya kan saya di kamar RS itu istirahat. Nonton TV, makan siang, denger lagu, relaksasi sambil nunggu dr.Adi dateng. Tapi yang terjadi adalah, saya mules. Muleees.. Nyaris tanpa jeda. Cuma bisa mainan nafas, istighfar, baca doa, dan minta Hahan buat mijetin punggung bawah. Nyaman banget rasanya. Lumayan lo, pijetan di punggung bawah itu bisa ngurangin sakit sedikiiit. Dan begitu dicek sama bidan, ternyata saya udah bukaan 7! Kaget bukan main. Langsung buru-buru digeret ke ruang bersalin.

Di ruang bersalin masih sempet makan siang, minum, sempet ngomentarin acara TV, bahkan saya sempet minta channel TVnya diganti yg acaranya agak bagusan. Waktu itu bidan yang ada disana sempet tanya, "mbak, ini nggak mungkin nunggu dr.Adi lo.. Mau diganti dokter siapa..?" Saya udah pasrah. Sama dokter siapapun saya mau. Bidan disana merekomendasikan dr.Mitta. Oke, saya nurut. Dipanggillah dr.Mitta ke ruang bersalin.

Pas dr.Mitta dateng, pas banget dicek bukaannya udah lengkap. Saya diminta merubah posisi dari miring jadi telentang, angkat kaki, lalu nunggu. Kalo kontraksi dateng, langsung disuruh ngeden. Ngeden pertama, kok ga ada yg keluar. Spontan nanya, "aku ngedennya salah ya, dok?" Langsung dijawab sama dr.Mitta dan para bidan, "enggak kooook.. Udah beneer! Baguuus! Yuk.. Coba lagi yuk.."

Lalu ngeden kedua kali. Dan tepat jam 13.10 bayi saya lahir. Perempuan, berat 2100 gr. Subhanallah.. Allahu Akbar.. Semuanya dimudahkan. Lancar, tanpa induksi, tanpa sobekan jalan lahir, dan prosesnya super cepat. Saya juga bisa handle semua rasa sakit. Saya sempet merasakan bayi saya ditaruh di perut saya. Nggak ada tangisan, nggak ada gerakan. Dan nggak lama bayi saya langsung dipisahkan dari saya. Ditaruh di box di pojok ruang bersalin. Iya.. Bayi saya bener-bener sudah meninggal.. Saya sendiri waktu itu nggak nangis. Saya udah cukup bisa mengendalikan rasa sedih saya.

Saya pandangi bayi saya. Kulitnya putih bersih, wajahnya bulat, matanya terpejam, bibirnya tipis persis bibir ayahnya, rambutnya tebal. Raut wajahnya teduh, damai sekali. Cantik sekali kamu, Nak.. Hati saya langsung campur aduk. Air mata saya mulai menetes. Dalam hati bilang, "Ya Allah, kalau memang menurutmu ini yang terbaik, aku ikhlas.. Mohon tempatkan anakku di tempat yang terbaik di sisiMu.." Dan entah kenapa setelah itu hati ini langsung plong.

Namanya Hadaya Embun. Yang berarti hadiah yang menyejukkan. Sejak Embun hadir di rahim saya, dia memang sudah jadi penyejuk hati saya dan Hahan. Embunlah yang sudah membawa perubahan super besar ke diri kami. Dan Embun adalah sosok yang walaupun hanya 7 bulan hidup di dalam rahim saya, tapi dia luar biasa. Terlalu banyak cerita-cerita indah tentang Embun kalau harus saya jabarkan satu persatu disini. Tapi saya bersyukur sekali sudah diberi anak sehebat dan se luar biasa Embun.


Mungkin rencana Allah yang jauh lebih indah untuk saya sedang dipersiapkan sekarang. Entah apa dan untuk kapan. One thing i know: Allah always knows the best.. Always.. 

Semoga kamu tenang disana ya, Embun kesayangan ibu. Ibu janji, tiap malam akan kirim sejuta do'a, cinta, dan cium untuk kamu. Tetap jadi anak baik disana ya, Nak.. Ibu love you..

7 comments:

  1. Sending the biggest (virtual) hug accross *peyuk peyukkk.
    Embun anak solehah, yang mendoakan dan menanti ayah ibunya di jannahNya. Inshaa Allah.

    ReplyDelete
  2. halo blogwalking kesini dan baca cerita nya..langsung nangis bgt..InsyaAllah Embun sudah tenang disana dan dan akan jemput ayah ibu nya nanti ya. Dan InsyaAllah cepat diberikan pengganti nya lagi sama Allah SWT. Amin

    ReplyDelete
  3. Banana: Hug baliiik..

    Mba Tissa: Haloo mba Tissaa.. Aku pembaca blogmu loo. Aamiin.. Makasih banyak do'anya mba Tissa.. Salam buat Reyhan yaa.. Suka gemes liat mata sipitnya.. ;)

    ReplyDelete
  4. Haiii.. salam kenal gak sngj blogwalking dan baca ckisahmu,, akkk speechless :((( semangat ya sayang... embun sudah di tempat terindah hingga nanti tiba saatnya untuk menjemput ayah-ibu nya di pintu surga. Aku yg ud 15bln ditinggal #AbangGaza emosinya hg msh naik turun, tp aku sadar hrs kuat & sehat utk menyambut kdtgn adik2nya AbangGaza, dan juga hrs mempersiapkan diri sbaik mungkin, agar kelak bisa berkumpul kmbl dng makaikat kecil kita di surga aamiin, , aamiin..YRA *hug&

    ReplyDelete
  5. Annisaa.. Makasih banyaak. Aamiin aamiin YRA..
    Aku paham banget perasaan kamu waktu ditinggal Abang Gaza. Pasti jauh lebih sulit buat kamu ya, Nis.. Tapi pasti nanti ada yang lebih baik yang sudah dipersiapkan Allah SWT ya sayang.. Tetep berdo'a, ikhtiar dan tawakkal.. Kita harus semangat lagi. Anak-anak kita di surga sana juga pasti nggak pengen liat kita sedih terus.
    Hug baliiiik... :*

    ReplyDelete
  6. Diaa..aku baru baca ini..peluk peluk!
    Inshaa allah, embun jadi tabungan surga untuk ayah-ibu-nya..Yang kuat ya Dia..*peluk lagiii*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaamiin.. *peluk balik*
      Doakan aku cepet menyusul kamu ya Put..
      Biar nanti anak kita sepantaran. :D

      Delete