Friday, September 12, 2014

Badan oh Badan

Dulu, waktu saya hamil 16 minggu, saya pernah jenguk temen yang baru melahirkan. Dan waktu itu temen saya ngomong, "besok, Di.. Kamu bakalan ngerasain. Habis melahirkan itu badan rasanya kaya abis digebukin. Remuk dimana-mana.." Waktu itu saya cuma ketawa-ketawa aja..

Sekarang? Habis 'melahirkan' gimana? Kalo soal berat badan sih, alhamdulillah udah balik normal. Malah lebih ringan sekilo lah dari berat awal sebelum hamil. Tapi soal badan yang rasanya kaya abis digebukin? Ternyata bener! -__-

Apalagi kan anak saya lahir dalam keadaan meninggal. Jadi habis melahirkan, saya nggak ngurusin bayi kaya ibu-ibu lain. Dengan kata lain, nggak ada pengalihan perhatian lah. Jadilah keremuk redaman badan itu kerasa buanget nget nget. Perut yang kadang masih mules-mules, otot-otot rahim dan sekitar perut yang bergerak, punggung dan pinggang yang masih sakit, plus tulang kemaluan dan tulang paha yang kadang masih terasa ngilu. Luar biasa emang rasanya. Dan lagi kalo di saya, ketambahan garis-garis stretch mark di perut yang mengerikan. Sumpah, bentuk perut abis melahirkan itu horor sodara sodara. Soalnya kan waktu anak saya dinyatakan meninggal, perut saya garukin sepenuh hati saking frustasinya. Alhasil kulit perut jadi pecah, bergaris-garis merah, coklat, ada yg lecet juga. Trus begitu perut kempes, penampakannya jadi horor banget. T_T

Jadilah tiap hari saya bersahabat banget tu sama segala krim (yang katanya) penghilang stretch mark. Rajin pake gurita, stagen, atau korset, plus sesekali ngebalurin perut pake ramuan leluhur: adonan kapur sirih, jeruk nipis, dicampur minyak telon. Dan ramuan tradisional ini manjur banget. Walaupun belum 100% balik mulus, tapi kulit perut saya udah lebih enak dilihat. Horee.. Dan lagi kan saya nggak pengen menunda-nunda buat hamil lagi. Pengennya beres nifas langsung cabut honeymoon kemana gitu buat bikin anak. Jadi nanti kalo Insya Allah dikasih rejeki buat hamil lagi dalam waktu dekat (aamiiin!), pengennya si kulit perut udah kembali seperti sedia kala.

Bei de wei, speaking of trying to get pregnant again, saya udah mulai siap-siapin diri nih. Salah satunya mulai rutin konsumsi vitamin asam folat (sesuai pesan dr.Adi), makan sehat, banyak makan buah-buahan & sayur, dan menimbun kalsium. Pokoknya kondisi badan pengen bener-bener saya siapin deh.

Doakan saya ya, teman-teman..! ;)

No comments:

Post a Comment