Wednesday, September 3, 2014

Antara Kehendak Manusia dan Kehendak Tuhan - Part 3

Senin, 25 Agustus, 2.30 dini hari 
Saya dan Hahan bangun. Mau sholat tahajud buat berdo'a mohon kesembuhan untuk calon anak kami. Tapi malam itu tiba-tiba kami merasa kalo selama ini do'a kami terlalu egois dan terlalu 'memaksa' Allah. Jadilah saat itu semua do'a kami ganti. Kami mohon ke Allah supaya diberikan apapun yang terbaik. Terbaik untuk saya, untuk Hahan, untuk calon anak saya. Do'a yang sama juga kami panjatkan waktu sholat Subuh.

Senin, 25 Agustus, 6.00 pagi
Aneh. Si bayi biasanya selalu bergerak kalo ibunya habis sholat subuh. Ini kok diem aja. Hahan menenangkan saya kalo si bayi kemungkinan masih tidur. Lalu Hahan ngajak saya keluar. Sarapan cari bubur ayam sambil jalan-jalan. Okedeh berangkuts..

Senin, 25 Agustus, 7.30 pagi
Beres sarapan bubur. Still didn't feel any moves from the baby. Dan saat itu antara tenang dan agak panik. Hahan ngajak saya buat lanjut kirim barang ke JNE. Ternyata counter JNE masih adem ayem alias belum buka. Sambil nunggu, kita putuskan buat ke Sardjito aja. Buat ke dokter jantung anak. Kebetulan semua hasil USG, hasil lab, surat rujukan dll dibawa semua. Maka meluncurlah saya ke Sardjito.

Di tengah perjalanan, si bayi sempet gerak. Gerakan ngulet seperti biasanya. Alhamdulillaaah.. Akhirnya anak ibu gerak juga. Berarti bener kata ayahnya. Dia tidur, dan mungkin hari ini lagi ngebo. Hehe..

Sampai Sardjito, ternyata semua dokter anak lagi kongres di Palembang. Dan baru praktek lagi minggu depannya (1 September). Yaaah.. Kuciwa. Dan ternyata lagi, di Jogja dokter jantung anak ya cuma satu-satunya itu. Langsung gerak cepat cari dokter di Semarang. Tapi namapun kongres se-Indonesia Raya, ya. Dokter jantung anak di Semarang pun lagi berangkat kongres juga. Tapi yang di Semarang ini Hari Kamis (28/8) udah pulang, dan Jum'at (29/8) udah praktek lagi. Akhirnya saya putuskan buat periksa di Semarang aja hari Jum'at.

Senin, 25 Agustus, 12.00 siang
Sejak ngulet terakhir jam 8 pagi, si bayi belum gerak lagi. Saya diajak makan siang keluar sama Hahan. Berharap setelah dikasih makan, si bayi gerak.

Senin, 25 Agustus, 15.00 sore
Hahan masih pergi ambil cetakan. Dan si bayi masih belum gerak juga. Mulai panik saya ngabarin Hahan, dan habis itu langsung telpon JIH buat daftar ke dr.Adi.

Senin, 25 Agustus, 18.00
dr.Adi menyatakan kalo denyut jantung janin negatif. Layar USG hitam, nggak ada pergerakan organ atau tangan mungil yang melambai-lambai.

Saya nggak kuat. Langsung nangis sejadi-jadinya dalam posisi tiduran di bed USG, dan alat USG yang masih menempel di perut. Suster di sebelah saya ikut nangis, suami saya kehilangan kata-kata, dan dr.Adi diam menatap saya.

Ini pahit. Pahit ya Allah.. Kenapa begini akhirnya? Batin saya berontak. Usia kehamilan saya 7,5 bulan. Harusnya sebentar lagi saya bisa menimang anak saya yang selama ini saya bawa-bawa. Tinggal sedikit lagi.. Tapi kenapa harus giniii..?

Saya keluar dari ruangan dr.Adi dengan air mata yang masih menetes-netes. Duduk sebentar buat meredakan shock. Ngabarin para orang tua via telpon, dan semuanya terkaget-kaget.

Tiba-tiba ada rasa bersalah yang sangaaaaat besar keluar dari dalam diri saya. Saya merasa bukan ibu yang baik. Saya merasa kurang becus jagain anak saya. Saya merasa meninggalnya anak saya ini gara-gara saya. Dan saya merasa sudah mengecewakan banyak orang yang sudah dengan semangatnya nunggu bayi ini lahir.

Perasaan frustasi mulai muncul begitu saya sampai di rumah. Stress, crying almost every hour, nggak mau makan, batuk parah, demam tinggi, diare, end up with losing 5 kilos in 3 days.

Tapi kemudian saya sadar. Mungkin ini jawaban semua do'a saya. Saya minta dikasih yang terbaik, dan mungkin ini yang terbaik menurut Allah. Support datang dari berbagai penjuru. Orang tua, mertua, suami, bahkan dari Bu Yesie dan dr.Adi sendiri. Pelan-pelan saya mulai bisa menerima keadaan.

Allah Maha Baik, Maha Pemberi yang Terbaik. Pasti ada hikmah di balik semua ini. Pasti..

11 comments:

  1. Hi, Dia! Salam kenal, selama ini silent reader yang baca blog kamu ini. Tak tahan rasanya untuk komen saat membaca postingan ini. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Semoga sabar dan tabah ya. Satu-satunya yang menguatkan saya saat keguguran adalah the thought of having a special angel watching from afar. Aamiin inshaa Allah. Semoga hal ini juga yang akan menguatkan Lisna (or Dia) dan suami.

    ReplyDelete
  2. Halo, aku juga silent reader blog kamu. Sedih dan ikut nangis baca cerita ini. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Semoga kamu dan suami dikuatkan ya dan selalu diberikan yang terbaik. Aamiin (virtual hug).

    ReplyDelete
  3. Hai Lisna, baru sekali ini mampir dan baca posting ini. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Semoga Lisna dan suami dikasih kekuatan menghadapi ini semua ya. Hug. Allah loves your baby more, dear..

    ReplyDelete
  4. Diaa.. Aku dari kemarin mampir ke blog kamu tapi ga berani baca postingan yang akhir-akhir ini. Sediih.. :(
    Semoga Embun jadi penghias surga km dan Hahan nanti ya say.. amin.. *peluk*

    ReplyDelete
  5. Ourlivetogether : Haloo mba.. Salam kenal juga.. Amiin amiin. Makasih banyak. Aku sempet baca juga cerita mba. Semoga nanti Insya Allah kita dikasih yang jauh lebih baik yaa. Semangat teruuus.. ;)

    Dina: Halo Dina.. Aamiiin YRA. Makasih banyak. Virtual hug-nya terasa loh. Hehe..

    Putri: Halo Putri.. Aamiin. Iya, kayaknya Allah ga pengen baby-ku sakit. Insya Allah ini yang terbaik. Makasih banyak yaaa..

    Prita: Aamiin.. Iya ya.. Aku nulisnya jadi sedih-sedih melulu deh. Nulis nikahan lagi aja kali abis ini biar ceria lagi. Hihi.. Makasih banyak pritaaa.. Kabarin kalo udah lahiran. Bayimu mau tak unyel-unyel.. :*

    ReplyDelete
  6. Halo mb.....
    saya mewek ne baca postingan mb
    saya sendiri sedang hamil 21week dan mnggu kmren bru ketahuan kena toxo d jih sama dr enny
    tp stelah pmeriksaan lanjut saya ga perlu pake obat katana krna kekbalana bagus
    skg sya lg brusaha appointment sma dr rukmono tp msh hrus nggu mnggu depan jd mngkin k dr detty dlu k hermina
    kmren sya liat bayi yg carrier toxo kasian bgt rasanya dan sya ga bisa ungkiri jg klo skg prasaan sya kalut bgt ga bayangin klo ada apa2 dg janin saya
    tp bener ap kata mb klo qta t hrus berdoa yg terbaik bwt calon bayi dan qta smua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Izah..
      Semoga semuanya terlewati dengan baik ya. Yang penting harus tetap optimis dan selalu minta yang terbaik. Insya Allah semuanya sehat-sehat aja. Aamiin..
      Btw dr.Rukmono juga praktek di Hermina sekarang. Tapi emang harus sabar sama antriannya.
      Semoga semuanya sehat yaa..

      Delete
  7. Mba Lisna, aku yg pernah email nanya ttg kinanthi dekor dulu, aku yg blm ngrasain kawin baca part 1 rasanya udah bijimana gitu :( smp part 3 lgsg mrinding :( memang kadang yg menurut kita terbaik blm tentu baik menurut Alloh ya mbaa.. semoga dd Embun bahagia di surga nungguin ayah ibunya.. aamiinn

    ReplyDelete
  8. Peluk mba... semoga Alloh menambah kesabaran kita yaa.. dan menggantinya dengan yang lebih baik.. keep fighting..

    ReplyDelete
  9. khatam baca smpe part3..
    semoga menjadi sebab kedua orang tuanya utk dpt msk surga dengan mudah.. aamiin, ya Rabb..

    saya nyasar kesini karna gugling ttg dr.Detty, semalam abis ngantar istri periksa ke dr.Detty di Hermina.. kehamilan 6w, dgn infeksi tokso positif.. jadi khawatir bgt.. :(

    ReplyDelete
  10. Salam kenal mba... saya dpt tulisan ini waktu gugling soal dr.detty. Mba ga sendirian mba, banyak calon ibu yg Allah uji dengan keguguran. Seperti saya ๐Ÿ˜Š saya sendiri sdh 2x keguguran, positif TORCH dan skrg sdg ikhtiar mencari info tambahan dr dokter fetomaternal d jogja. Saya doakan mba dan keluarga senantiasa diberkahi Allah ya Mba... ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete