Monday, June 9, 2014

The Mahar

Sesuai janji (janji ke siape sih emangnya), saya mau ceritain soal mahar a.k.a mas kawin.

Duluuu.. Sebelum nikah, Hahan sempet bingung mau kasih mahar apa. Duitkah, atau logam mulia kah, atau rumah, atau Ferrari. Last minute baru diputuskan, oke duit bae lah! Ringkes! Nah, berhubung mas kawinnya duit, otomatis kudu dihias-hias juga doong. Masa iya cuma ditaro di celengan ayam? 

Biasanya, duit-duit mas kawin itu bakalan ditaro didalem sebuah frame. Trus dibentuk jadi sebuah gambar. Ada gambar masjid, kupu-kupu, orang, atau apalah yang sesuai sama kepribadian dan kesukaan si penganten. Tapi, berhubung saya sama Hahan ini orangnya kebanyakan gaya, jadi dari awal kita berdua ogah seogah-ogahnya ngehias mahar macem begitu. Kata Hahan udah standar. *sebenernya Hahan sih yang kebanyakan gaya* -____-  Maka akhirnya si mas kawin kita bikin dan hias sendiri. Kaya apa hasilnya..?


Temanya travelling. Makanya di dalem frame ada gambar icon-icon beberapa negara. Soalnya kita berdua emang doyan kelayapan. Dan perhatiin deh uangnya. Itu uang palsu hasil print. Hahahaha.. Kenapa ga pake uang asli sih kaak? Jawabannya simple. Pada dasarnya kan mas kawin itu pemberian. Harus bermanfaat dan bisa dipake. Nah, kalo duitnya dimasukin ke dalem frame, gimana cara pakenya? Kalo harus ngebongkar dulu kan sayang. Jadi mending yang dihias uang palsu. Jumlahnya pun ga harus sesuai. Yang penting keliatan ada duitnya. Hihi.. Lalu uang aslinya tetep disertakan pas akad nikah. Waktu itu saya taro dalem sebuah tabung.

Oya, pengerjaannya sendiri cukup cepet. Nggak sampe seminggu. Untuk icon negara-negara, itu terbuat dari Mounting Paper yang dipotong dan digrafir pake mesin laser. Foto sama uangnya terbuat dari kertas Coronado yang di print. Susun, tempel pake double tape spon untuk beberapa bagian yang sengaja dibikin timbul (pake merk 3M ya, biar kuat), trus di frame dehh.. Framenya sendiri sebenernya frame biasa. Awalnya warna emas. Tapi trus dicat putih. Jadinya kaya foto yg di atas dehh.. (itu pake HP doang fotonya. Di dalem kamar yang remang-remang. Makanya butut gitu gambarnya) Gimandose menurut ceman-ceman?

Abis inii.. Cerita apaan ya..? Souvenir kali yaa.. 
Sampe ketemu lagiii.. :D

No comments:

Post a Comment