Monday, April 28, 2014

An Amazing Mistery

Seminggu yang lalu, saya ke rumah kakak sepupu yang udah mendekati HPL. Sebut aja namanya Mbak Meta yaa. Menurut prdeiksi dokter, waktu melahirkannya udah deket banget. Semuanya sudah mateng, kepala bayipun udah engage alias udah masuk tulang panggul. Waktu itu saya bilang supaya nanti kalo udah waktunya melahirkan, biar saya aja yang anter. Daripada susah cari taksi. Lalu kakak saya itu ngomong ke bayinya yang masih di perut, dan si bayi merespon. Si bayi setuju kalo saya yang bakalan anter bundanya.

Dua hari kemudian saya harus ke Sidoarjo. Karena mau pengajian 4 bulanan di sana. Saya berangkat Kamis malam, dan rencana pulang ke Jogja Sabtu malam atau Minggu pagi. Dan selama saya pergi, kakak saya nggak kontraksi sama sekali.

Rencana buat pulang ke Jogja hari Sabtu malam bubar sudah. Karena saya dan suami terlalu capek. Akhirnya diputuskan buat pulang besoknya aja. Pagi-pagi.

Minggu pagi waktu saya siap-siap mau pulang ke Jogja, kakak sepupu saya yg lain, namanya Mbak Kiki BBM saya. Dia tanya posisi saya dimana. Hey.. Eke shock dong. Saya pikir Mbak Meta udah mau melahirkan. Kalo sampe Mbak Meta melahirkan sekarang, bisa gawat. Batal nganterin dong saya. Sedih kaan. Padahal saya udah janji mau nganter. Tapi menurut Mbak Kiki, masih belom. Bayinya masih anteng di perut. Mulespun enggak sama sekali. Kayaknya emang nungguin saya pulang. 
Waktu itu kebetulan Papa-Mama saya lagi di Jogja juga dalam rangka nyekar ke makam eyang-eyang saya. Sayapun udah bilang ke Mbak Meta & Mbak Kiki, kalo emang hari ini kontraksi, Papa saya siap sedia buat anterin ke RS.

Maghribnya papa-mama saya mampir ke rumah Mbak Meta. Waktu itu saya masih di perjalanan. Baru sampai Kalasan. Dan waktu papa-mama saya di rumah Mbak Meta, Mbak Meta sempet ngomong ke bayinya. Dialognya kurang lebih begini:

Meta: "Kak.. sekarang lagi ada Eyang Lis (nama bokap eke Yulistiadi. Kalo di keluarga dipanggil Lis) lo.. Kakak lahir sekarang aja yuk. Biar dianter Eyang Lis.."
Bayi di perut diem
Meta: "mobilnya Eyang Lis baru loh Kak.. Lebih bagus mobilnya. Lahir sekarang aja yuk.."
Bayi tetep diem
Meta: "oh.. Kakak tetep mau naik mobilnya Tante Dia (saya) yaa? Mau nunggu Tante Dia pulang aja?"
Si bayi merespon dengan tendangan bertubi-tubi. 

It's weird, right? Saya aja merinding campur geli waktu diceritain.

Sekitar jam 7.30 saya sampai Jogja. Saya nggak langsung pulang. Tapi mampir dulu ke angkringan deket rumah Mbak Meta buat ketemu sama mama-papa, bude-pakde, dan tante-om saya disana. Dan waktu lagi ngobrol-ngobrol itulah Mbak Meta ngasih kabar kalo dia mulai kontraksi. Weird no.2. The baby knew that I had arrived.

Saya masuk rumah sekitar jam 10 malam. Mandi, sholat, ngaji, nonton TV. Sempet glundang-glundung nggak bisa tidur. Gelisah banget pokoknya. Saya takut kalo saya ketiduran, saya nggak denger suara telpon. Tapi berhubung badan setengah remuk redam alias capek, ya akhirnya saya ketiduran juga. Tidur yang bener-bener tidur. Deep sleep banget pokoknya. Sekitar jam 1, HP saya bunyi. Mbak Meta telpon dan bilang kalo kontraksinya udah teratur 15 menit sekali. Plus udah keluar darah campur lendir. Weird no.3. Si bayi ngebiarin saya istirahat dulu. Ngebiarin saya tidur super pules supaya kalo saya bangun, kondisi badan saya seger. Dan saya emang seger banget.

Singkat cerita akhirnya saya anterlah kakak saya ke rumah sakit. Masuk RS Senin dini hari sekitar jam 1.30. Unfortunately proses melahirkannya nggak semulus yang diharapkan. Setelah ditungguin sampe Selasa pagi, pembukaannya stuck di 1-2. Walaupun kontraksi udah teratur, bahkan udah 3-5 menit sekali. Kondisi kakak saya udah ngedrop. Semangatnya hilang, mentalnya turun banget. Udah males makan-minum, dan wajahnya lesu. Nggak tega banget liatnya. Saya cuma bisa nyemangatin dan bolak-balik ngingetin untuk minum, makan, dan ngingetin cara bernafas yang benar.

Karena sampai Selasa menjelang siang belum ada kemajuan, diinduksilah itu kakak saya. Sempet nemenin sebentar di ruang bersalin. Ngeliat kakak saya meringis-ringis nahan sakitnya induksi. Ikut memantau CTG, ngingetin buat minum-pipis dan pup (kalo bisa) dan nyemangatin terus plus ngajak becanda. She was pretty exhausting. Waktu itu saya reflek ngasih afirmasi ke janin saya (dalem hati) supaya besok kalo lahir semuanya gampang dan santai. Sekitar jam 1 siang saya pamit pulang. Karena udah kelaperan.

Selasa sore, ganti maghrib, ganti malam, still no good news. Papa saya ikutan bingung. Bolak-balik telpon saya nanyain kabar Mbak Meta. Dan alhamdulillah, sekitar jam 21.30 Mbak Kiki dan pakde saya ngabarin kalo Mbak Meta sudah melahirkan. Duuh.. Lego banget dengernya. Laki-laki, berat badan 3,6kg, panjang 50cm. 3,6 kilo book. Gede aja. Padahal Mbak Meta tu orangnya mini banget. Hahaha.. So happy for your little baby, Mbak!

Anyway... Semua proses kelahiran itu memang misteri. Misteri yang luar biasa menakjubkan. Bener-bener konspirasi antara janin, alam, dan Tuhan pastinya. Loh, ibunya ngapain? Tugas ibu adalah yakin, pasrah, semangat, dan harus percaya sama diri sendiri bahwa ibu mampu. Saat ibu sudah memposisikan dirinya seperti itu, maka proses kelahiran pun bakalan lebih mudah. Karena kalau ibu yakin, percaya diri, pasrah, maka otomatis alam dan Tuhan akan bekerjasama untuk membantu. Kalo kita ragu atau takut, ya berarti kita nggak percaya sama Tuhan, dong! Lha wong tubuh perempuan itu memang sudah disetting dari sononya buat bisa melahirkan kok.

Saya pun paham kalau proses melahirkan tiap orang itu beda-beda. Ada yang cepet, ada yang lambat. Ada yang perineumnya utuh, ada yang perlu diobras. Ada yang sekali mengejan udah brojol, ada yang sampe kehabisan nafas. Macem-macem. Pribadi orang pun beda-beda. Ada yang kuat nahan sakit, ada yang nggak tahan. Ada yang tenang, ada yang teriak-teriak. Ada yang santai, ada yang panik. Whatever. Tapi satu yang penting, nggak boleh ada alasan, apapun bunyinya untuk takut menghadapi proses melahirkan. Itu sudah kodrat!

Untuk teman-teman calon ibu, harus semangat terus! Semoga kita diberikan kelancaran dan kemudahan sampai nanti waktunya tiba. Dan untuk semua ibu di luar sana, nggak ada kata lain selain luar biasa! Ah, jadi terharu kan.. See ya!

No comments:

Post a Comment