Tuesday, August 25, 2015

This Pregnancy

masih dalam edisi bedrest. Nothing to do banget lah. Tiap hari makan, tidur, baca buku, main game. Jadi supaya agak bermanfaat sedikit, mari nulis-nulis disini aja..

- Masuk trimester dua, entah pagi, siang, sore, malem, masih suka mual. Hek!
- Nggak ada acara lemes, kekurangan energi, atau gampang ngantuk. Alhamdulillah..
- Jerawat bertebaran di muka. Lalala..
- Jadi doyan luluran dan dikit-dikit oles body butter ke badan. :p
- Jadi ngefans sama lipstick yang merah gonjreng :D
- Nggak gampang stress atau bingung.
- Bayinya aktif banget! Tiap di USG ga mau diem. 
- Sedikit-sedikit sudah bisa ngerasain gerakan bayi di umur kehamilan 13 minggu.

Beda banget deh sama hamil Embun dulu. Plus papa saya bilang muka saya jadi lebih cantik (duh, bentar muntah dulu). Padahal saya ngerasa kusem, kumel, item, dekil banget. Makanya jadi doyan luluran biar rada bersinar dikit. Halah.

Kehamilan kali ini, kalo boleh jujur rasanya gado-gado. Saya merasa khawatir berlebihan di awal-awal, tapi berujung super santai waktu masuk trimester kedua. Santai disini bukan berarti saya cuek sih.. Saya masih baca buku, masih belajar ini-itu juga. Bahkan saya sudah ancang-ancang mau ikut yoga lagi, ikut kelas hypnobirthing lagi, bahkan mau ikut kelas AIMI plus workshop gentle birth balance kalau waktunya cocok. Cocok dalam artian kelas diadakan sebelum saya melahirkan. Oya, saya juga minta dibeliin yoga mat dan birthing ball untuk olahraga di rumah..

Jadi santainya dimana?
Waktu hamil Embun dulu, saya orangnya super detail. Makanan diatur banget. Saya nggak menyentuh sedikitpun hidangan laut atau mie instan di trimester pertama, plus rajin minum susu hamil. Tiap kontrol ke dokter bawa catatan, menghindari make up, dan dulu dari awal hamil udah ada bayangan mau melahirkan dengan metode apa (dulu pengen waterbirth), plus udah nyusun birthplan dengan rapi. 

Sekarang? Hahaha.. Bubaaar. Apa aja dimakan. Susu hamil? Dih. Bayanginnya aja udah eneg duluan. Tiap ke dokter juga banyakan ngobrolnya daripada konsultasinya :p. Make up? Duh, ga bisa lepas dari bedak tabur, pensil alis, sama lipstick yang merah. Kalo ga pake make up rasanya muka makin kucel. Oya, makin kesini saya malah jadi pengen natural birth biasa aja, karena mendadak ngebayangin kalo waterbirth itu riweuh! Secara di JIH kan masih pakai kolam tiup. Bukan kolam permanen. Tapi kadang masih suka muncul keinginan buat waterbirth. Karena buat saya waterbirth itu romantiiis. Liat nantk aja deh. Lalu birth plan? Apa itu birth plan? Apakah semacam skripsi? :p Setelah dibaca ulang, birth plan yang saya buat dulu kok resmi amat! Ga bisa apa nulisnya santai sedikit. Akhirnya si birth plan saya acak-acak lagi dan saya susun dengan bahasa yang lebih santai. Tapi kok ya nggak jadi-jadi! Nulis dikit, hapus gara-gara nggak sreg. Lalu nulis pake Bahasa Inggris yang menurut saya kalimatnya jadi jauh lebih enak dibaca. Tapi, udah nulis banyak, hapus lagi. Pengen pake bahasa endonesa aja deh. Tapi kok ya mood-nya ga dapet-dapet sik! Dok, deket rumah kita (rumah saya sama rumah dr.Adi deket banget. Beda gang doang) kan banyak cafe kece tuh. Bisa nggak birth plan diobrolin aja sambil ngopi-ngopi gaul di coffeeshop deket rumah? Gimana, Dok? :D

Oya, saya juga lagi seneng banget mantengin YouTube buat nonton reality show One Born Every Minute. Jadi ini reality show tentang aktivitas salah satu rumah bersalin di Liverpool. Ceritanya? Ya cencu saja kisah ebo-ebo melahirkan. Tiap episode ada 3-4 kisah kelahiran dengan kasus dan cerita yang beda. Ada lucunya, ada senengnya, sedihnya juga ada. Kadang sampe bikin nangis bombay. You know lah. Air mata yang brebes mili doang gitu. Ga sampe netes-netes. Sekarang saya lagi ngikutin yang season 7.


Sebenernya acara ini kadang ngeselin. Contoh: di beberapa kasus, ada dokter yang suka bikin keputusan dini. Tanpa babibu langsung ambil keputusan buat vacuum, atau langsung digeret ke meja operasi sampe si ibu nangis-nangis nggak rela. Ada ibu yang nggak kuat ngeden, diancem dulu mau di forceps, di vacuum atau di caesar, biar si ibu jadi takut, trus semangat ngeden lagi. Duh. Ada juga air ketuban yang sengaja dipecahin waktu si ibu bukaan 4 (hih! Nggak gentle birth banget!). Belum lagi bikin senewen liat ibu yang teriak-teriak waktu nahan kontraksi dan waktu mengejan. Bikin takut! Tapi acara ini bikin belajar banyak juga. Karena kasus-kasus yang ngeselin itu cuma sedikit. Selebihnya oke banget. Lewat nonton ini, saya belajar tentang nafas, perlunya ketenangan saat melahirkan, dan juga gimana kita bekerja sama dengan tubuh supaya bisa meminimalisir rasa sakit. Ada satu episode dimana si ibu anteng banget sampe bukaan lengkap! Gilee.. Waktu saya melahirkan Embun, saya lumayan bisa berdamai sama rasa sakit sih. Tapi nggak setenang ibu-ibu di episode itu juga. Cuma ditinggal merem melek, tau-tau udah bukaan 10. *tepok tangan*

Hal lain yang saya suka di One Born Every Minute ini, si ibu minim di intervensi. Dalam kondisi normal (nggak ada kelainan atau darurat), vagina jarang dicek, nggak diinduksi, nggak di episiotomy, nggak pake epidural (kecuali si ibu yang minta), bebas memilih pose yang nyaman waktu melahirkan (ada yang sambil nungging lho! Itu pasti enak banget rasanya), plus bidan-bidannya super duper ramah dan bisa menciptakan suasana tenang dan suportif. Yang penting lagi begitu bayi brojol, kalau kondisi bayi sehat, dalam keadaan tali pusat belum digunting bayi langsung ditaruh di dada ibunya. Bayi cuma dilap dan dikasih selimut. Itupun dilakukan di atas dada ibunya. Acara ukur-ukur, timbang dsb dilakukan belakangan. Halo dr.Adi.. Besok saya kaya gitu ya!  :D

Duh, jadi panjang amat ini. Padahal niat awalnya cuma mau mengisi waktu. Secara masih besrest ngga ngapa-ngapain. Hahaha.. Udah dulu deh yaa. 

4 comments:

  1. Mbak diaaa diam diam aku ini fans berat blog mu looo.. hihihi. Entah knapa baca postingan yg ini jd pengen komen. Alhamdulillah aku dlu lahiran prosesnya menyenangkan. Bisa tenang, baby lahir lngsng IMD ya kyak crita mbak dia diatas laaah.. tapi minus episiotomi nya hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dithaaa.. Yaampun malu lho aku. Hahaha..
      Alhamdulillah ya Dit. Seneng aku bacanya. Tapi emang kadang episiotomy tu dilakukan dengan alasan biar sobekannya rapi. Hahaha..
      Gapapa laah.. Yang penting Bumi lahir sehat, ibunya sehat juga.. :)

      Delete
  2. Waaa langsung buka youtube deh, baru tau ada reality show kayak gini :D Eh aku juga masuk trimester 2 jadi nyantai banget makannya, apa aja masuk deh... Mi instan aja dijatah 1 bln sekali. Kadang2 merasa bersalah sih... tapi bumbunya setengah aja hahahaa *halah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tonton deeh. Season berapapun ceritanya seru-seru. Aku kalo nonton ini suka nggak sadar durasi. Hahaha..
      Duh Tia.. indomie emang guilty pleasure banget ya. Akupun dijatah sebulan sekali. Begitu makan nikmatnya sampe ubun-ubun. Beres makan ngerasa bersalah setengah mati sampe kadang perut ikutan mules :D

      Delete