Thursday, August 20, 2015

Saat Tubuh Minta Istirahat





Beberapa hari belakangan capeknya luarrr biasa. Kerjaan lagi melimpah, sampai saya harus lembur-lembur sampai jam 3 pagi. Untunglah 17 Agustus kali ini jatuh tepat di hari Senin. Jadi saya bisa istirahat panjang dua hari penuh (Minggu & Senin).


17 Agustus 2015, di tengah-tengah tidur sore kerasa ada sesuatu yang keluar. Yang ada di pikiran saat itu, paling keputihan biasa. Cuek aja, dan lanjut tidur lagi tanpa niat ngecek.

Menjelang Maghrib saya bangun. Pas lagi mau siap-siap sholat, liat noda coklat di celana dalam. Kaget. Langsung buru-buru bersih-bersih, dan ganti celana yang bersih, trus lanjut sholat maghrib. Beres sholat, darah merah mengucur. T_T Sambil panik langsung ganti baju, ambil tas, nyamber buku kontrol, langsung meluncur ke JIH. Selama perjalanan kerasa ada cairan keluar.

Sampai di JIH, poli sepiii banget. Ternyata para obgyn cuma praktek sampe jam 6 sore. Saya diminta ke UGD sama mbak admisi kalau memang emergency. Sambil jalan ke UGD sambil telpon dr.Adi. He answered my phone, dan nyuruh saya ke UGD dan masuk opname buat bedrest saat itu juga. Beliau janji mau dateng ke JIH ngecek keadaan saya agak maleman.


Masuk kamar perawatan, dicek darah, dicek bidan, dikasih obat dan sebagainya. Pendarahan alhamdulillah berkurang. Dan akhirnya sekitar jam setengah dua belas malam, dr.Adi datang pakai baju koko dengan wajah super duper lelah. Duh, ngerasa bersalah banget lah saya. I know his dad is just passed away. Mungkin beliau masih berduka, harus ngurus pengajian dll, tiba-tiba direcokin sama pasiennya malem-malem di hari libur pula! *getok pala sendiri* Saya langsung reflek bilang, "maaf ya, Dok, ngerepotin malem-malem.." 

Lalu saya di USG. Pakai alat USG versi mini yang bentuknya kaya laptop. Gambarnya ngak seterang dan sejelas alat USG yang besar. Tapi cukup untuk memastikan kalau keadaan bayi di dalam baik-baik saja. Si bayi gerak aktif banget, detak jantungnya pun normal. Saya legaaa luar biasa. Tapi dr.Adi minta saya buat stay di JIH sampe pendarahan bener-bener bersih.

Tanggal 19 Agustus alias hari ketiga di JIH, seperti biasa habis Maghrib dr.Adi visit ke kamar saya. Setelah ngobrol, saya diminta turun ke ruang prakteknya untuk USG. Didampingi bidan jaga, saya dianter pakai kursi roda ke ruang praktek dr.Adi. Sayapun di USG sambil ngobrol-ngobrol. Si bayi aktifnya minta ampuuun! Selama di USG nggak mau diem. Sibuk banget pokoknya. Sehat kuat ya, anak Ibuu.. Oya, saat itu terjawab lah sumber pendarahan saya. Jadi posisi plasenta saya agak mepet sama jalan lahir. Jadilah agak sensitif. Capek dikit, kesenggol dikit, bisa pendarahan..

Sayapun dianter balik ke kamar sama bidan jaga. Pas jalan balik ke kamar, mbak bidan tanya,
Bidan: "mbak, mbak Lisnandia itu dokter ya?"
Saya: ketawa dulu sampe keselek. "Bukan mbak.. Hahaha.."
Bidan: "ya ampun, aku kira dokter lho mbak. Kok bisa kaya gitu ngobrolnya sama dr.Adi. Kok ngerti bahasanya.."
Saya: "ahahaha.. Aku emang dulu punya cita-cita jadi dokter mbak. Hihi.. Dan mbak bukan orang pertama yang ngira aku dokter. Banyak yang bilang gitu" abis itu ngakak lagi..
Bidan: "laah, kenapa dulu nggak jadi dokter aja..!"

Terkoreklah luka lama saya soal cita-cita yang tak tercapai :D

Hari ini tadi, 20 Agustus 2015, saya diijinkan pulang. Walaupun pake acara paginya si darah keluar lagi. Alhasil jadi observasi ulang, dan nggak dibolehin pulang dulu sama bidan jaga di sana. Tapi alhamdulillah tepat jam 1 dicek ulang dan diskusi sebentar, bidan setuju untuk ngijinin saya pulang dengan catatan bedrest dilanjut di rumah. Nggak banyak gerak, nggak banyak turun kasur -__- Berhubung kamar saya di lantai dua, saya dilarang keras naik-turun tangga.

Sedih sih sebenernya. Ga bisa kerja, ga bisa masak, harus di kamar terus. Gerak dikit bapak suami udah teriak-teriak. Tapi demi calon anak kesayangan, saya turutin aja. Nggak lupa relaksasi dan visualisasi supaya plasenta mau geser sedikit ke atas. Plasenta mepet jalan lahir itu bikin perut bawah suka linu. Kebayang ibu-ibu di luar sana yang plasenta previa. Pasti ngilu banget rasanya..

Rabu depan saya akan balik ke JIH untuk kontrol pasca rawat inap. Antara cemas dan nggak sabar. Karena gemes banget liat si bayi sibuk gerak-gerak waktu diintip. Hihi..

No comments:

Post a Comment