Sunday, December 21, 2014

Makanya Wirausaha!

Siang bolong pas lagi nganggur, saya buka Path. Lalu ngeliat status yang ditulis sama Obbie. Btw Obbie ini adik kelas saya waktu SMA. Dia sekarang kerja di Santos dan merantau di Banyuwangi. Kerjanya nggak bisa dibilang santai dan gampang ya.. Kadang hari Minggu pun disaat orang-orang sibuk leyeh-leyeh, dia kudu masuk kerja. Dan ehm.. Masih mencari pasangan hidup. Ada yang mau? Hahaha..


Oke, back to the topic yes.. Dek Obbie ini (halah, pake 'dek' segala. Padahal biar dia adik kelas, kita seumuran. Lahir di tahun yang sama, and I'm 5 months older) menulis,
"Andai saja waktu banyak luangnya
Raga ini bisa merdeka
Resah esok kerja bukan lagi masalah
Bangun siang pun tidak susah 
Makanya wirausaha!"
Ngebacanya agak tergelitik. Dan di antara 6 komentar di postingan tersebut ada satu komentar dari saya. I encouraged him to be an entrepreneur. Soon!

Mari bahas sedikit soal wirausaha. Note: ini berdasarkan pengalaman pribadi yaah. Nggak bermaksud menggurui. Cuma buat sharing sekalian tsurhat.

Apa iya kalo wirausaha itu enak? Bisa santai? Bisa kerja seenaknya?
Eits kata siapaah...? Jadi wirausaha itu emang nggak punya jam kerja tetap. Tapi justru kamu kerja sepanjang hari. Melebihi office hour. Mau tidur, kepikiran kerjaan. Bangun tidur langsung inget kerjaan. Mungkin di saat-saat tertentu kamu bisa kerja 24jam. Jadi buang jauh-jauh pemikiran kalo wirausaha itu adalah kerja santai. Kalo kamu kerja santai, usahamu justru nggak jalan. You really have to work harder..!


Apa iya wirausaha itu duitnya pasti banyak? Saldo di tabungan segudang? Bisa beli apapun yang kita mau?
Yaa.. Kalo level usahamu udah kaya Pak Chairul Tanjung atau Pak Dahlan Iskan sih iya yaa.. Kalo udah kaya gitu sih, bersin aja keluar duit. Kalo masih dalam tahap membangun, jangan bayangin hartamu berceceran dimana-mana. Susah banget ngatur duitnya bok. Kita punya karyawan yang harus digaji, tagihan yang harus dibayar, pinjaman bank yang jatuh tempo, dan lain-lain, dan lain-lain. Belum lagi kalau ternyata ada piutang yang belum terbayar. Terpaksa deh kita ngeluarin duit ekstra buat nalangin semua pengeluaran. Curhat sedikit ya, kalo lebaran, saya sama suami tu jarang pegang duit. Karena uang habis buat ngegaji karyawan, bagi-bagi THR, plus bagi-bagi parcel. Saldo di rekening cuma 300 perak? Pernah.. Bertahan hidup seminggu pake duit 200.000? Pernah.. Jual motor? pernah.. Jual laptop, kamera, HP? Jelas pernah.. Yang paling parah waktu saya kepaksa jual cincin kawin gara-gara piutang sekian puluh (nyaris ratus) juta nyangkut entah dimana alias ga dibayar-bayar, sedangkan saya harus bayar ini-itu. Wiiih.. Itu adalah momen paling mengenaskan. Sedih kalo inget.. T_T Dan hal-hal kaya begini ini yang jarang terlintas di pikiran orang. Dan hal-hal begini juga yang sering bikin orang putus asa dan nggak sabar, lalu usahanya dihentikan di tengah jalan. Padahal kan semua butuh proses. Dan hal-hal pait beginilah salah satu prosesnya.


Apa iya wirausaha itu gampang? Bisa langsung berjalan lancar dan sukses? Bisa langsung untung besar?
Bisa iya, bisa enggak. Tergantung gimana dan seberapa ulet kita menjalani usaha. Saya pribadi pernah gagal. Saya punya usaha konveksi. Dan saya sempet supply barang (pakaian, tas, dll) ke distro-distro di 13 titik di seluruh Indonesia. Pas lagi tinggi-tingginya, tren usaha ini menurun, dan saya tiba-tiba jatuh. Blek! Jatuhnya dibanting. Langsung ludes, rugi ratusan juga. Terseok-seok lah mempertahankan yang ada. Akhirnya saya berhenti produksi baju dll. Supply barang saya stop. Alhamdulillah walaupun brand punya sendiri udah nggak produksi, konveksinya masih jalan sampai sekarang. Dan sisa-sisa kejatuhan waktu itupun masih kerasa dampaknya sekarang ini. Karena walapun usaha jatuh, saya tetep harus bayar cicilan. Soalnya dulu saya udah terlanjur pinjem bank buat beli mesin, bahan baku, dll. Alhamdulillahnya lagi 2015 besok adalh tahun terakhir saya nyicil semua pinjaman bank (iya, ada beberapa pinjaman). Habis itu saya akan mendapat kebebasan finansial. Huhah! Doakan yaaa..


Oya, di postingan Obbie tadi, ada salah satu temannya yang komentar
"Ga enak bi… Susah…Ga ada asuransi, pensiunan, tunjangan, dll nya lho…"
Hmmmmmm... Iya sih.. Kerja di kantor jadi karyawan kan enak ya? Tiap bulan jelas dapet gaji, dapet asuransi, dapet pensiunan, nggak perlu pusing mikir kerugian atau keuntungan. Perusahaan punya orang ini kan? Bodo amat deh mau kaya apa kondisinya. Yang penting tiap bulan aman damai sentosa karena gaji tetep mendarat di rekening.

Loh, jadi ini mau mendorong orang buat wirausaha apa mau nakut-nakutin?
Ya mendorong laaah.. Saya cuma mau bilang kalau wirausaha itu butuh proses. Dan kita harus siap menghadapi proses yang njelimet itu. Harus sabar, harus tangguh! Jangan bayangin wirausaha itu segampang yang dibilang para pembicara di seminar-seminar. Jangan bayangin juga wirausaha itu langsung bisa punya duit ber eM-eM seperti yang dibilang di seminar-seminar. Not that easy, baby! Sekarang emang kelihatan susah. Tapi liat 10-20 tahun mendatang. Disaat teman-teman kita yang bekerja dengan nyaman itu kebingungan karena mau pensiun, kita (Insya Allah) udah bisa ongkang-ongkang kaki karena usaha kita udah berjalan dan semakin tumbuh besar (aamiin). Jangankan asuransi buat diri sendiri. Kita malah bisa ngasih gaji, tunjangan dan asuransi buat orang lain loh! Enak banget kan? Plusnya lagi, kalo kita mau pergi, nggak usah ribet ngajuin cuti. Pergi ya pergi aja. :p


Kunci berwirausaha itu cuma satu: jalanin usahanya. Kalo cuma rencana, belum mulai udah ngitung untung-rugi melulu, kebanyakan ragu-ragu, ya kapan jalannya? Kue sekecil apapun kalo nggak dimakan ya nggak akan pernah habis. Segampang-gampangnya masak Indomie kalo kita males masaknya ya ga akan bisa makan.

Start now and start from small.
Jujur, tekun, ulet, dan diimbangi dengan do'a. Pasti ada kok jalannya! ;)


All images taken from Google

No comments:

Post a Comment