Sunday, August 24, 2014

Antara Kehendak Manusia dan Kehendak Tuhan - Part 1

Prepare for a very long story..

Awalnya sih nggak mau nulis soal ini. Tapi setelah dipikir-pikir, kali aja yang terjadi sama saya dan calon bayi saya ini bisa dijadikan pelajaran supaya kita lebih teliti, lebih kritis, dan lebih hati-hati.

Baiklah, semuanya dimulai dari niatan saya buat USG 4D di JIH. Dua minggu setelah kontrol rutin, tepatnya hari Kamis kemarin, saya balik ke JIH ketemu dr.Adi. Saya datang seperti biasa. Senang, excited, ceria, ketawa-ketawa, dan super semangat.

Sampai akhirnya giliran saya diperiksa. Sebelum dikakukan USG 4D, dr.Adi memastikan dulu pakai USG 2D untuk lihat posisi bayi. Kalo bagus, lanjut ke 4D. Dan waktu dr.Adi memeriksa bayi saya pakai 2D inilah, dahinya berkerut.

dr.Adi : sebelumnya aku minta maaf ya.. Tapi kali ini aku lihat sesuatu yang nggak aku lihat sebelumnya. Sebelumnya bener-bener nggak ada..
Saya : oke.. Apa itu dok?
dr.Adi : kamu lihat, ini rongga perut janin. Kontrol terakhir kosong. Baik-baik aja. Tapi ini ada cairannya..

Well.. Ascites namanya. Bahasa gampangnya ada kelebihan cairan di rongga perut janin. Penyebabnya sendiri segudang. Mulai dari si ibu terinfeksi visrus (bisa tokso, rubella, CMV, HSV), bisa karena si ibu terkena hepatitis, dan lain lain, dan lain lain. 

Selain ascites, malam itu janin saya juga didiagnosa menderita Effus Pleura (kelebihan cairan di rongga paru), dan Hernia Diafragmatika. Selengkapnya soal tiga kelainan ini nanti saya kasih link-nya. Ini ngetik cuma pake aplikasi di HP cyint..

Dan waktu itu saya langsung dirujuk ke dokter kandungan ahli fetomaternal. Di Jogja sendiri, cuma ada 5 dokter fetomaternal. Saya dikasih beberapa pilihan sama dr.Adi, dan saya pilih ke dr.Detty di RS Happyland.

Perasaan saya waktu itu? Masih santai. Bolak balik dr.Adi sama suster nyemangatin saya dan minta saya buat tetep sabar. I was pretty calm. Saya masih bisa handle semuanya. Nggak nangis, nggak panik, nggak kalut.

Sampai di rumah, saya cari semua artikel soal 3 kelainan ini. Dan dari yang saya temuin, 3 kelainan ini masuk ke dalam satu golongan kelainan yang disebut Hydrop Fetalis. Saya baca dan saya pelajari semuanya. Termasuk resiko terburuk, life possibility, penanganan, semuanya lah pokoknya. Barulah saya agak panik. Dikit.

Saya telpon kedua orang tua & mertua saya buat kasih update. Saya terangin sebisa saya soal 3 kelainan ini. Dan saya minta doa. Saya juga minta maaf ke orang tua dan mertua saya. Bubarlah sudah. Tumpah juga air mata saya waktu itu.

Besoknya, Jum'at pagi sekitar jam 7.30, HP saya bunyi. Ada whatsapp dari dr.Adi. Beliau memastikan kalo saya udah appointmen di RS HappyLand, dan beliau juga kasih update soal diagnosa malam sebelumnya. Menurut dr.Adi, setelah dipelajari kemungkinan janin saya menderita ascites aja. Effus Pleura sama Hernia Diafragmatikanya enggak. Tapi ada kemungkinan janin saya juga menderita Hepatomegali (pembesaran hati). Saya diminta buat tes TORCH lengkap sebelum ketemu dr.Detty. Karena bisa jadi kelainan-kelainan itu datangnya dari virus CMV. Dan setelah diskusi panjang lebar lewat whatsapp ini, dr.Adi memastikan kalo Ascites di janin saya ini belum termasuk Hydrop Fetalis. Alhamdulillah. Lega dikiit. Waktu itu dr.Adi juga kasih saya jurnal (Nanti saya kasih link-nya). Menurut jurnal yang dr.Adi kasih, 20% lebih janin yang menderita ascites masih bisa survive dan tumbuh normal seperti biasa. Oke.. Lega lagi. Karena yang saya baca kebanyakan bilang life possibility-nya nol, dan harus segera diterminasi (ketok meja 3x). Dan lagi-lagi beliau ingetin saya supaya sabar dan harus tetep semangat. I will, Doc..

Hari Jum'at itu juga saya berangkat ke Parahita buat tes TORCH, dan ke Happyland buat bikin appointment sama dr.Detty. Unfortunately, hasil lab baru bisa diambil Sabtu. Yaweslah. Sabar dulu nunggu sehari.

Setenang-tenangnya saya waktu itu, tetep aja saya kepikiran. Ibu mana yang tega ngebayangin calon anak yang ditunggu-ditunggu, disayang-sayang ternyata menderita suatu penyakit? Sepanjang hari Jum'at itu saya jadi sering ngelamun. Nangis. Ngelamun lagi. Nangis lagi. Yap saya kalut. Tiap sholat saya nangis. Bahkan setenang-tenangnya suami saya pun tetep berkaca-kaca matanya waktu berdo'a mohon kesehatan buat calon anak kami.

Tapi, dibalik kesedihan saya masih sangat-sangat optimis. Saya juga masih semangat, dan selalu berusaha positif thinking. Bayi saya bahkan lebih sering bergerak seolah-olah berusaha ngomong ke saya, "I'm okay, Ibu.. Ibu jangan sedih.." Tuhan nggak akan kasih cobaan melebihi kemampuan umatnya. Dan saya juga percaya sama kekuatan do'a..

Saya udah tes TORCH, dan Sabtu malam saya sudah konsul juga ke dr.Detty. Hasilnya gimana? Nanti lanjut ke part 2 ya! See ya!

No comments:

Post a Comment