Thursday, September 3, 2015

14 Weeks Check Up

Rabu tanggal 26 Agustus lalu, saya ke JIH untuk kontrol pasca rawat inap. Dan itu adalah hari dimana saya pertama kali keluar kandang alias keluar dari kamar. Gilee.. Seminggu lebih bedrest. Badan malah sakit semua. Alhamdulillah udah ga berdarah-darah lagi.

Mari cerita soal periksa-periksa. Usia kehamilan saya kalau dihitung berdasarkan perhitungan periksa pertama, harusnya 13W6D. Tapi hasil USG waktu kontrol kemarin, udah 14 minggu lebih aja bok! Hahaha.. Nasib perempuan dengan haid nggak teratur. Berubah-ubah terus perhitungan USGnya. Jadi saya belum tau pasti kapan EDD si anak bayi. Yang jelas, kisaran 20-25 Februari 2016. Let the baby pick the number.

Kiri atas, USG waktu kontrol rutin tanggal 10 Agustus.
Kanan atas, USG hari ketiga rawat inap di RS tanggal 19 Agustus.
Bawah, USG kontrol tanggal 26 Agustus

Kontrol kali ini si bayi mamerin jari-jari tangannya. OMG gemes amaat! Saya ga berhenti senyum-senyum selama di USG. Dan karena si bayi sudah makin besar, udah nggak bisa diukur pakai CRL lagi. Tapi mulai diukur kepala, perut, dan tulang pahanya. Sama kaya Embun dulu. Kaki anak ini juga panjaang. :D Oya, yang bikin surprise berat badan si anak bayi. 107gr aja dong! Padahal berat rata-rata janin usia 15 minggu itu sekitar 80-85gr. Justru berat badan saya yang kemarin turun lagi setengah kilo. Pinter amat makannya, Nak! Besok kalo udah keluar Ibu gigit ya pipinya..

Kabar kurang baiknya, si plasenta masih anteng di bawah. Karena saya berniat mau relaksasi sambil visualisasi biar plasenta mau geser ke atas, saya tanyakan ke dr.Adi detail posisi plasenta. Dan ternyata ada di bawah, dan di tengah-tengah pas di atas jalan lahir. Hmmm.. Saya nggak ngomong apa-apa sih waktu diterangin dr.Adi. Saya cuma bilang, "oh.. Yayaya.. oke deh, Dok.."

Walaupun ada sedikit rasa khawatir saya bakal mengalami plasenta previa (ketok meja 3x), rasa optimis saya masih besar. Masih 15 minggu. Masih banyak waktu dan masih banyak kemungkinan plasenta bisa berpindah tempat seiring perkembangan janin. Saya cuma dapet tugas baru: visualisasi, dan komunikasi sama janin. Pasti bisa!

Oya, jadi inget mau bicara soal jenis kelamin. Saya kan pernah cerita kalau sejak dinyatakan hamil, feeling saya kuat banget kalo anak saya perempuan. Dan kemarin dr.Adi iseng cari-cari kelaminnya. Pas si bayi ngebuka kakinya, saya liat kok datar-datar aja. Dan kata dr.Adi, "kalo diliat-liat sih nggak ada tonjolan.." Hahaha.. Bener kaaan (sepertinya) perempuan..! Besok bisa main bareng deh sama Zahra (anaknya dr.Adi). Selain itu, saya juga udah bikin nama buat bayi perempuan. Cari nama bayi laki-laki susah! Ga nemu-nemu yang cocok.

Anyway, karena keasikan ngobrol, saya lupa mau nanya apa saya dibolehin olahraga. Saya udah gatel pengen banget renang. Tapi berhubung baru beberapa hari lepas dari bedrest, bapak suami pun belum ngijinin saya buat beraktifitas terlalu berat termasuk olahraga. Yasudahlah.. Bulan depan aja pas kontrol diobrolin lagi ke dr.Adi. Semoga aja bulan depan plasenta anak bayi sudah geser ke atas. Jadi saya bisa cuss yoga atau renang. Bantuin ibu ya, anak baik! :)

No comments:

Post a Comment