Thursday, April 21, 2016

Cerita Nama Alya


Seperti yang pernah saya ceritain disini, bahwa saya dan Hahan emang sok sok idealis banget soal nama. Apalagi si bayi perempuan. Merangkai nama perempuan itu gampang-gampang susye kalo menurut saya.

Di tengah-tengah hamil, saya sama Hahan sepakat buat kasih nama anak ini yang mengandung arti matahari terbit. Dan harus terselip Timur di dalam rangkaian namanya. Oke, deal! Sejak terjadi kesepakatan itulah saya dan Hahan rajin cari-cari nama. Ngumpulin sebanyak-banyaknya nama yang artinya adalah matahari terbit, matahari pagi, sinar matahari pagi, pokoknya gitu deh. Haaampir tiap hari kalo mau tidur mantengin iPhone masing-masing. Browsing nama. Sampai akhirnya...

Hahan menemukan nama Arundaya (terbitnya matahari). Sounds good. Saya suka nama Arundaya. Artinya juga pas banget. Dan setelah penemuan ini baik saya maupun Hahan sempet berhenti cari-cari nama. Rasanya kaya udah dapet pencerahan.

Another malam sebelum tidur..
Saya : "Aku nemu nama bagus. Rawikara. Bagus nggak? Bagus kan?" *maksa*
Hahan : "Apa itu artinya?"
Saya : "berkas sinar matahari. Wiii.. Pas banget tu. Rawikara Timur Arundaya. Kan panggilannya bisa Kara. Kara itu kalau di Sansekerta artinya Sinar. Pas kan kan kan?"

Saya udah pede banget akan menamai anak saya dengan rangkaian itu. Dan saya udah pede banget Hahan bakalan setuju. Tapi..

Hahan : "Enggak ah. Rawikara terlalu maskulin. Aku mau cari nama Jawa aja."

Patah hatiiiii...

Perihal nama Jawa, saya juga sebenernya setuju. Malah setuju banget. Somehow nama Jawa itu artinya dalem dan berwibawa. Saya suka banget sama nama seperti Sri Mulyani. Kharismatik gimana gitu kan. So, pencarian nama dipersempit ke nama-nama Jawa. Tapi saya nyerah. Susye cing.

Sampai akhirnya di ruang bersalin, saya sempet ngobrol soal nama sama Hahan. Dan terangkailah nama Mulyaning Timur Srengenge. Srengenge sendiri kalau dalam bahasa Jawa atrinya matahari. Sempet bingung sama nama panggilannya. Mau dipanggil Timur kok kaya cowok. Dipanggil Inge kok nggak pas di hati. Dipanggil Mulya pun kok terasa aneh. Hahaha.. Yaudah lah, Mulya di plesetin jadi Alya aja. Oke deh.. Sementara panggil aja Alya dulu. Soal fiksasi nama nanti diobrolin lagi kalo si bocah udah lahir.

Begitu Alya lahir dan semua eyang-eyangnya berkumpul, saya ajak diskusi soal nama. Semua setuju. Tapiiii.. Saya sama Hahan yang labil. Karena mendadak pengen diselipin Sumunaring (bersinar terang) di tengah-tengahnya. Jadi Mulyaning Timur Sumunaring Srengenge. Tapi kok jadi panjang amir. Dan terdengar berat. Karena Srengenge itu kan artinya matahari. Matahari kan udah bersinar terang. kalo ditambahin Sumunaring, jadi dobel-dobel artinya. Nanti anaknya keberatan nama. Ya sudah lah, dengan sedikit mewek-mewek karena saya suka banget sama kata Sumunaring, akhirnya Sumunaring dihilangkan. T_T. Jadilah nama resmi Alya adalah :

MULYANING TIMUR SRENGENGE
- matahari pagi yang mulia -

Terselip banyak sekali do'a dan harapan di dalamnya. Semoga Alya tumbuh menjadi anak yang mulia hatinya. Mulyo yang dalam bahasa Jawa berarti kaya dan sukses. Selalu menjadi anak yang hangat, tulus, dan senantiasa memberikan manfaat layaknya matahari pagi.

4 comments:

  1. Alyaaaa... Cantik sekali namamu, Jawa banget yooo :D Semoga doa2 orangtuamu dikabulkan yaaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin..
      Terimakasih doanya tante Tia dan mas Zaki. 😘

      Delete
  2. Assalamualaikum mba dia. Aku lagi rajin" baca artikel Dan browsing" all things baby and pregnancy, gk sengaja ketemu blog mba. Mulai baca dari prenatal yoga tulisan nya enak bgt dibaca jadi ketagihan baca tulisan Dr yg lama-lama jg. Kebetulan aku lagi hamil 30 weeks. Selamat atas kelahiran adik bayi cantiknya ya mba. Ikut Seneng bacanya apalagi setelah baca tulisan yg lama" Dan tau cerita kehamilan yg pertama. Semoga baby nya sehat selalu. Btw, mau tanya dong mba prenatal yoga nya waktu hamil ikut dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo halo.. Wa'alaikumsalam..
      Siapakah namamu? Hehe..
      Salam kenal yaa..

      Waduuh, terimakasih sekali. Aku jadi tersanjung. Semoga tulisanku yang aneh ini memberikan manfaat. Hahaha..

      Oya, aku selama hamil yoga di Balance Studio Jogja. Lokasinya di belakang Hotel Puri Artha. Kamu tinggal di Jogja jugakah?

      Sehat selalu dan lancar yaa sampai proses persalinan 😊

      Delete