Wednesday, June 3, 2015

Main Sebentar Day 1 : Jogja-Solo-Singapore

Disclaimer : Habis mabok nyeleksi foto buat postingan jalan-jalan. 900an aja bok.. Kalah foto kawinan. Yasalam.. Oya, postingan bakalan agak panjang..

Lanjut dari sini yes..

Transportasi paling efektif menuju Solo dari Jogja adalah naik kereta. Gampang, cepet, murce, ber AC pula kan (penting). Tapi, ada salah satu temen saya yang orang Solo wanti-wanti dari jauh hari kalau kereta Jogja-Solo itu rawan penuh. Jadi lebih baik spare waktu buat berangkat lebih awal ke stasiun biar bisa rebutan tiket kereta. Okay, noted. Pesawat saya berangkat dari Solo jam 15.25. Rencananya, kita akan berangkat dari stasiun Maguwo yang letaknya persis gandengan sama Bandara Adisutjipto. Kita memutuskan buat berangkat dari rumah naik motor, dan nanti motornya ditaro di penitipan sekitar bandara, trus jalan kaki sebentar ke Stasiun Maguwo. Kenapa begitu? Karena naik motor lebih cepet, karena harga penitipan motor lebih murah daripada penitipan mobil atau naik taksi, dan supaya besok begitu pulang liburan, kita nggak perlu ribet-ribet. Keluar bandara tinggal ambil motor, lalu pulang. Planning yang brillian kan? *kembang kempisin lubang idung* Waktu itu Saya udah koar-koar ke Hahan dan Faiz kalo kita HARUS berangkat dari rumah jam 10 pagi! Hahan nawar jam 11. Okedeh, jam 11 dengan syarat ga pake ngaret. Kenyataannya?

Kucing-kucing masuk penitipan jam 10, laundry baru beres jam 11, kerjaan baru beres sekitar jam setengah dua belas. Grabak-grubuk ngelarin ina ini itu, akhirnya baru cabut dari rumah sekitar jam 12. Duh yassalaaaam.. Deg-degan bangeeeet! Untungnya tiket kereta masih ada, dan kereta datang tepat waktu sekitar jam 1. Fiuh.. Setelah perjalanan kurang lebih satu jam, akhirnya kitapun dengan selamat memasuki Bandara Adi Soemarmo Solo. Mari ucapkan alhamduu.. lillaaaaah..

Di depan rumah sebelum berangkat.
Abaikan keranjang sampah warna ijo itu ye..

 Difotoin sama tetangga depan rumah :D

Sampe bandara yang kita lakukan pertama kali adalah check in. Kemudian lanjut ambil duit, makan, dan duduk-duduk di boarding room. Dan saat duduk-duduk inilah, saya baru nyadar, "kita belom nyari hosteeeeel..!!" Hebat banget emang jalan-jalan tahun ini. Langsunglah buru-buru buka Agoda dan cari hostel yang bagus, tapi murah *tetep* FYI, hotel atau hostel di Singapura itu mahalnya bikin istighfar. Mahal baaaaaaaaangeeeeet. Untungnya waktu itu nemu hostel yang kalo dilihat dari fotonya sih, bagus. Namanya Mori Hostel. Lokasi di Race Course Road, dan yang penting nggak jauh dari stasiun MRT Farrer Park. Sebenrnya ada satu hostel lagi yang menarik hati di daerah Clarke Quay. Tapi pilihan jatuh ke Mori Hostel. Tanpa ba bi bu langsung booking buat dua malam. Waktu itu dapat harga di Agoda sekitar Rp.170.000 per orang. Harga aslinya? Jauh lebih mahaal. Hampir dua kali lipat.

Nggak lama setelah beres booking hotel dan browsing dikit soal jalur MRT, akhirnya dipanggil buat boarding. Singapore, here we go!

view dari boarding room Bandara Adi Soemarmo, Solo

halo, sayaaaaaang..!

Carrier ungu kesayangan kado ultah dua tahun lalu dari bapak suami yang waktu itu masi jadi pacar.


 Kalo berangkat dari Solo viewnya bagus yah.. Merapi-Merbabu.

Penerbangan yang dua jam lebih itu alhamdulillah lancar. Niatnya pengen tidur, tapi nggak bisa. Akhirnya bolak-balik baca majalah, baca katalog barang-barang yang dijual di pesawat, maen game, liat video F1, baca majalah lagi, baca kartu keselamatan, gitu aja terus bolak-balik. Bosen gelaaaaaa... Gitu kok mau terbang naik AirAsia X. Baru terbang dua jam aja bosen.. -__- Eniwei, sekitar jam 18.30 waktu Singapore, pesawat mendarat dengan mulussss di Changi International Airport.

Changi. Warnanya agak aneh. Efek jendela yang agak-agak kehijauan

Dari Changi langsung naik MRT. Oya, ini info yang hampir semua orang udah tau. Tapi saya tetep mau cerita. Jadi, kalo mau naik semua transportasi di Singapore, harus punya kartu sakti namanya Ez Link Card yang berfungsi sebagai alat pembayaran. Harga kartu perdananya (SIM card kali ah) SG$12. Biaya kartu SG$5 dengan saldo awal SG$7. Alhamdulillah saya nggak perlu beli perdana Ez Link Card karena saya dapen pinjeman dari tetangga depan rumah yang bulan April kemarin habis dari Singapore. Dan dipinjemin 3 biji! Lumayan lah, ngirit biaya kartu. Jadi waktu itu si kartu pinjeman cuma saya top up SG$10 buat keliling-keliling selama di Singapore. Oya, proses top up bisa lewat mesin-mesin yang bertebaran di stasiun, atau lewat mas-mas dan mbak-mbak yang berjaga di konter di stasiun. Kalau sudah punya kartu ini, naik-turun transportasi apapun di Singapore (kereta atau bus kota) ya tinggal di tap aja ke mesin. Nanti saldo berkurang otomatis, dan sisa saldonya bisa dilihat di layar. Praktis banget ya..

 Penampakan Ez Link Card diambil dari sini
Kalau punya saya (punya tetangga ding) kemarin ada gambarnya, dan lucu-lucu.

Oke, jadi waktu itu saya naik MRT dari Changi dan turun di Stasiun Farrer Park. Dan itu jaauuuuhhh bingiiiits plus harus beberapa kali transit buat oper kereta. Dari Changi harus turun di Tanah Merah, ganti MRT jalur hijau (East West Line) buat lanjut perjalanan sampai Outram Park. Dari Outram Park ini ganti lagi MRT jalur ungu (North East Line) dan turun di Farrer Park. Jauh ya..? Iya! Mana ga bisa liat apapun karena si kereta jalan di bawah tanah. Bosen.

Peta MRT & LRT Singapura diambil dari sini

Setelah perjalanan yang jauh amat itu, sampailah kita di stasiun Farrer Park. Tap kartu, keluar stasiun, dan lanjut jalan kaki. Menurut referensi yang saya baca, Mori Hostel itu nggak jauh dari Stasiun Farrer Park. Cukup jalan kaki kurang-lebih 10 menit. Tapi tapi tapi.. Ini udah jalan jauh amat kok nggak nemu Mori Hostel. Mana saat itu keadaan sekitar supeeeer sepiiiii dan gelap. Tanya orang yang lewat pun nggak membantu. Mulai sebel. Mulai nyesel kenapa nggak beli hostel yang di Clarke Quay. Mulai nggak suka sama Farrer Park. Mulai nggak suka sama Singapore. Hih!

Sampe akhirnya setelah sekian lama jalan, nemulah sebuah toko kelontong. Mampir, beli minuman, sambil tanya sama kakek pemilik toko. Menurut si kakek, kita tinggal jalan lurus aja. Udah deket. Okedeeeeh.. Semangat mulai muncul lagi. Tapi tetep, saya nggak suka sama daerahya. Sepi, banyak orang India pada gogoleran di jalan sambil telpon, ngerokok, atau minum-minum. Aaaak.. Untungnya setelah jalan sekitar 5 menit sampailah di Mori Hostel. Begitu mau masuk, di terasnya lagi ada segerombolan mas-mas yang ngobrol. Dan ngobrolnya dalaaaam... Bahasa Jawa. -___- Duh Gustiiii.. Perasaan udah di negara orang, dengernya masih Bahasa Jawa. Bawa aku ke Finlandia sekarang jugaaaaaa...!!

Check in, serah terima kartu kunci, dan masuk kamar. Oya, di Mori Hostel ini, kita harus masang sprei dan sarung bantal sendiri. Jadi waktu check in, kita bakalan dikasih sprei, sarung bantal, dan selimut. Waktu check out tinggal dilepas, dan diserahkan lagi ke bagian resepsionis. Mori Hostel juga nyediain sarapan gratis (roti & sereal) tiap pagi. Terlepas dari daerahnya yang sepi dan gelap, kamar dan kasur di Mori Hostel nyaman dan bersih banget. Di kamar juga disediain locker. Tapi gemboknya bawa sendiri.. Review detail soal Mori Hostel nanti di postingan tersendiri aja yah..

 Kamar yang saya tempatin persiiiiis kaya gini. Saya tidur di kasur yang pojok kiri atas.
Foto dari sini

Beres pasang sprei, nyusun-nyusun tas di locker, langsung cabut buat cari makan. Jalan kaki aja muter-muter daerah situ nyari halal food. Pokoknya jalan kaki tanpa arah deh. Dan waktu itu jalan kaki sampe ke Mustafa Center. Sempet tuker uang juga disitu yang surprisingly rate-nya bagus banget! SG$1 nggak sampe Rp.10.000. Padahal sebelum berangkat sempet tuker di Bandara Solo dan rate-nya Rp.10.000 pas. Wow! Girang banget lah pokoknya. Tapi belum juga nemu makanan. Secara yang ada di sekitar situ kalo nggak makanan Arab, ya makanan India. Dan kita nggak terlalu suka. Eneg gimana gitu kan bumbu masakan Arab-India. Ada sih Chinese food, tapi nggak jelas halal atau enggak. Akhirnya berhubung udah kelaperan banget, berhentilah di sebuah warung pinggir jalan. Pesen masakan India (akhirnya) yang harga satu porsi makanannya masing-masing SG$5. Plus waktu itu beli air mineral satu botol 1,5L yang harganya SG$2.20. Welcome to Singapore, baby! Where everything is extremely expensive. Ya ya ya..

Beres makan, jalan kaki balik ke hostel (kali ini nggak pake nyasar), mandi, browsing-browsing buat jalan besoknya, kemudian tedooooorrrr..

End of Day 1. 
Panjang ye ceritanya. Hahaha.. Sampai ketemu di postingan Day 2 yang kayaknya bakalan jauh lebih panjang. Bye!

4 comments:

  1. Dia..kalo di hostel berarti bobo-nya ga bisa peluk-peluk suami ya?*pertanyaan penting*
    Hahahaha :p

    Wait for another story!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga bisaa.. Lah tidurnya seberangan. Hahaha..
      Sebenernya hostelpun punya kamar privat. Tapi suka kangen nginep rame-rame di kamar dormitory gini. Lagipula kamar privat di hostel Singapura itu ampuuuun harganya. Sama kaya harga kamar hotel bintang 4 di Jogja. Hahaha..

      Delete
  2. ahh mak nyess bacanya nih...hiks
    *lambai tangan ama gudeg*
    *susut ermata*

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaah... Banana siiih.. Mendadak hilang ditelan Merlion..
      Batal sudah transaksi gudeg.

      Delete