Sunday, August 17, 2014

Hypnobirthing - Bidan Kita

Akhirnya saya putuskan ikut kelas hypnobirthing sama Bu Yesie aja deh. Di Klinik Bidan Kita. Dimana tuuu? Di Klaten. Iya Klaten! Jauh ya.. Kenapa ga jadi sama dr.Adi? Jadwalnya ga pernah pas. Pas beliau selo, saya sibuk. Pas saya selo, beliau yg sibuk. Dan lagian saya ada plan mau pijat laktasi plus accupressure juga sama Bu Yesie. Ya udah lah, sekalian aja bolak-balik Jogja-Klaten.

Perjalanan pertama ke Klaten saya tempuh pake kereta, lalu disambung naik becak. Hahaha.. Mobil saya yang penyok-penyok itu masih belum tuntas reparasinya. Jadilah abis lebaran kemarin disetor lagi ke dealer buat disempurnakan. Dan seru juga loh naik kereta ini. Lumayan lah, refreshing otak juga.. Bosen kan naik kendaraan pribadi terus. Sekali-kali naik transportasi umum.

Sampai di Klinik Bidan Kita, ketemu dulu sama Mbak Erni, Mbak Lia para asistennya Bu Yesie. Ngobrol-ngobrol, cium-cium essential oil, nonton upacara bendera, duduk-duduk santei dululah pokoknya..

Sampe akhirnya saya dipanggil masuk ke sebuah kamar sama Mbak Erni. Diminta buat menggenggam es batu, sambil latihan nafas. Es batu diibaratkan seperti kontraksi. Karena kan kita tau, megang es batu kalo kelamaan itu sakit. Tapi kalo kita bisa fokus ke nafas, trus rileks, dingin sama sakitnya megang es batu nggak akan kerasa. Samaaa sekali. Dan itulah yang terjadi sama saya. Saya kuat menggenggam sebongkah besar es batu sampe nyaris habis tanpa ngerasa dingin atau kesakitan sedikitpun. Saya fokus ke nafas (nafas perut), dan dibawa rileks aja. Semoga besok pas kontraksi beneran bisa begini deh ya. Aamiiin..! Btw, metode ini wajib dilatih rutin di rumah. Biar kita belajar rileks & fokus sama nafas kita. Karena nafas itu kunci utama supaya kita bisa menghandle rasa sakit waktu melahirkan nanti.

Habis latihan nafas, lanjut pertemuan sama Bu Yesie. Pertemuan pertama kali ini lebih ke pengenalan diri dan memantapkan pemahaman saya dan Hahan soal kehamilan dan persalinan. Masih lebih banyak ngobrol, dan belajar ini-itu plus pengenalan dasar soal hypnobirthing itu sendiri. Sempet liat juga 2 video dokumentasi melahirkan (pasien-pasiennya Bu Yesie) yang membuat sayaa.. Duh.. Terharu. Melahirkannya super tenang, lembut, minim trauma, dan nyaris tanpa mengejan. Jadi bayi cari jalan keluar sendiri gitu. Bukaan 10 masih bisa senyum-senyum bahkan bisa ciuman sama suaminya. Subhanallah.. Indah banget pokoknya. Sampe pengen nangis liatnya.

Laluu.. Sudah deh. 2 jam berlalu. Selesai dulu pertemuan pertamanya. Dan sebelum pulang saya dikasih PR. PR saya adalah bikin birth plan (dan udah bikin), PR hahan adalah nulis daftar affirmasi / sugesti yang mau dicekokin ke saya. Karena pertemuan selanjutnya bakalan mulai belajar hypnosis-nya itu sendiri. 

See you on the next 2 weeks, Bu Yesie!



No comments:

Post a Comment